5 Gerakan Yoga Mata, Atasi Mata Lelah hingga Cegah Iritasi

CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 07:55 WIB
5 Gerakan Yoga Mata, Atasi Mata Lelah hingga Cegah Iritasi Ilustrasi. Tak hanya baik untuk kesehatan mata, yoga mata juga bisa menjadi meditasi singkat untuk tenangkan pikiran dan kurangi stres. (Foto: Istockphoto/ AaronAmat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rata-rata pekerja kantor menghabiskan waktu sekitar 1.700 jam per tahun untuk menatap layar komputer. Belum lagi bila ditambah dengan menatap layar ponsel, tab, atau televisi di luar jam kantor, mata kian bekerja ekstra.

Padahal, sama seperti organ lainnya, mata juga perlu diistirahatkan dan dirawat agar senantiasa sehat. Bila tidak, sejumlah masalah kesehatan dapat mengintai mata.

Beberapa masalah pada mata yang kerap dialami oleh pekerja kantor antara lain mata lelah yang ditandai dengan sering mengantuk, mata kering dan perih, sakit pada bagian bola mata, iritasi, serta gangguan penglihatan seperti mata minus, dikutip dari Medical Daily.



Tak hanya pekerja, keseringan menatap layar ponsel dan tab juga membuat mata anak-anak kini mulai minus di usia dini. Karena itu, perawatan mata sangat penting dilakukan dan yoga mata adalah cara paling sederhana.

Hampir sama dengan yoga tradisional, yoga mata bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas otot mata dan membantu menajamkan fokus mata.

Karena tak butuh perlengkapan olahraga, yoga mata dapat dilakukan di mana saja, dengan syarat ada pemandangan terbuka.

Berikut teknik yoga mata:

1. Latihan 20 detik

Temukan jendela atau ruang terbuka yang memungkinkan Anda untuk menatap jauh. Temukan satu objek paling jauh dan tatap tanpa berkedip selama 20 detik.

Lalu, letakkan ibu jari di bawah objek tersebut dan geser fokus mata menuju titik tengah antara objek dan ujung ibu jari.

Lakukan ini untuk 3 objek yang berbeda.

2. Pola zig-zag

Bayangkan ada pola zig-zag di depan Anda. Lalu goyangkan bola mata mengikuti pola tersebut selama 10 hitungan.

Teknik ini akan membantu meningkatkan kelembapan pada mata sehingga mengurangi risiko mata kering, menurut Mindbodygreen.

3. Berkedip cepat

Berkedip dengan cepat beberapa kali, kemudian tutup mata selama 20 detik seraya bernapas teratur. Lakukan teknik ini sebanyak 3 kali untuk melembapkan dan membersihkan mata dari kotoran penyebab iritasi.

4. Kanan, kiri, atas, bawah

Setelah berkedip cepat, tutup kembali mata. Selama menutup mata, arahkan bola mata ke bawah, biarkan diposisi itu selama 5 detik. Lalu ke atas, ke kiri, dan ke kanan, yang masing-masing juga dilakukan selama 5 detik.

Ini akan melenturkan otot-otot pada mata dan mengurangi ketegangan setelah seharian menatap layar.

5. Kompres hangat

Tak perlu menyediakan handuk dan air hangat. Kompres mata cukup dilakukan dengan kedua tangan.


Caranya, gosok telapak tangan bersama-sama sampai terasa panas. Letakkan telapak tangan yang panas di atas mata yang terutup hingga panas menyerap pada mata.

Melakukan teknik ini sebelum tidur dapat membuat otot mata rileks dan membantu Anda tidur lebih cepat.

Selain baik untuk kesehatan mata, yoga mata yang dilakukan selama beberapa menit ini bisa menjadi momen meditasi singkat. Sehingga menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

[Gambas:Video CNN] (ayk/ayk)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA