7 Makanan Terbaik untuk Mencegah Kulit Keriput

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 11:45 WIB
7 Makanan Terbaik untuk Mencegah Kulit Keriput Ilustrasi. Beberapa makanan dapat memperlambat proses penuaan dini dan timbulnya keriput pada kulit. (Istockphoto/EdwardDerule)
Jakarta, CNN Indonesia -- Radikal bebas dapat memicu penuaan dini dengan cepat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang ampuh mencegah keriput pada kulit.

Penuaan dini pada dasarnya merupakan kondisi peradangan kronis pada kulit. Paparan sinar matahari, polusi, asap, dan kelembapan udara menjadi faktor eksternal pemicu penuaan dini.

Beberapa makanan berkualitas rendah juga disebut dapat mempercepat penuaan kulit. Sebagai contoh, mengonsumsi terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan dapat berujung kerusakan kolagen pada kulit. Kondisi ini tak ayal memicu timbulnya keriput pada kulit.


Untuk itu, Anda perlu mencermati beberapa makanan yang dikonsumsi demi mencegah munculnya keriput pada kulit.

Sederhana saja, pada dasarnya Anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti buah, sayur, biji-bijian, kacang, ikan, dan jenis protein tanpa lemak lainnya.

Berikut tujuh makanan pencegah keriput, mengutip situs kesehatan WebMD.

1. Gandum
Gula menjadi salah satu makanan yang dapat mempercepat penuaan dini. Karbohidrat kompleks seperti gandum yang rendah glikemik disebut mampu mencegah datangnya keriput.

"Makanan tinggi glikemik diketahui menyebabkan jerawat dan keriput," ujar ahli dermatologi, Debra Jaliman.

Gandum juga disebut dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel kulit dan mengatasi iritasi kulit.

2. Jeruk
Jeruk mengandung banyak cairan yang mampu melembapkan sel-sel kulit. Kandungan vitamin C yang berlimpah membuat jeruk mampu membantu membentuk kolagen dan pada gilirannya menjaga kulit tetap kenyal.

Secara umum, sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang tepat dikonsumsi untuk kesehatan kulit.

3. Alpukat
Alpukat mengandung lemak sehat yang membantu kulit tetap terhidrasi. Lemak sehat yang sama juga dapat membantu Anda menyerap beberapa vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Anda bisa mengganti dressing salad tinggi lemak dengan alpukat. "Alpukat memberi Anda banyak rasa dan tekstur," ujar ahli diet, Elisa Zied.

Ilustrasi. Lemak sehat pada alpukat membantu kulit tetap terhidrasi. (silverstylus/Pixabay)

4. Daging sapi tanpa lemak
Daging sapi tanpa lemak adalah cara yang tepat untuk mendapatkan protein berkualitas tinggi. Protein dapat membantu pembentukan kolagen pada kulit.

Konsumsi dua hingga empat ons daging tanpa lemak dalam sepekan. Saat memasaknya, Zied menyarankan Anda untuk membalikkan daging sesering mungkin.

"Memasaknya di atas api super panas sampai renyah dan hangus hanya akan menimbulkan bahan kimia yang bisa membunuh semua sifat anti-penuaan dini dari daging sapi," kata Zied.

5. Kubis Brussel
Kubis Brussel merupakan sumber vitamin A dan C yang dapat menyehatkan kulit.

Vitamin C yang dimiliki dapat membantu pembentukan kolagen. Sementara vitamin A dan folat dapat membantu mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba kangkung, brokoli, dan kembang kol untuk mencegah penuaan dini.

6. Salmon
Salmon adalah sumber terbaik lemak omega-3. Sudah bukan rahasia lagi jika kandungan lemak omega-3 punya banyak manfaat, salah satunya menyehatkan kulit.

Beberapa penelitian menunjukkan, lemak omega-3 yang berasal dari ikan dapat menjaga kulit dari perkembangan sel-sel kanker.

Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan tiga ons setiap pekan. Panggang ikan dan sajikan dengan nasi merah.

7. Anggur
Reveratrol yang berasal dari kulit anggur ampuh dalam melawan peradangan. Dengan cara begitu, anggur dapat membantu memperlambat proses penuaan.

Beberapa makanan pencegah keriput ini bakal bekerja dengan baik jika dikombinasikan dengan gaya hidup sehat lainnya seperti tidur cukup, olahraga rutin, dan gunakan tabir surya saat berada di luar ruangan.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)