5 Manfaat Kacang Pinus, untuk Tulang hingga Jantung

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 17:19 WIB
5 Manfaat Kacang Pinus, untuk Tulang hingga Jantung Ilustrasi. Kacang pinus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menguatkan tulang hingga mencegah penyakit jantung. (Istockphoto/ Julia_Sudnitskaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pohon pinus yang menjulang tinggi menghasilkan kacang yang dapat dikonsumsi. Manfaat kacang pinus ini baik untuk kesehatan.

Kacang pinus merupakan biji dari pohon pinus yang masuk dalam kategori kacang pohon. Kacang ini kaya akan lemak tak jenuh, kalium, dan sejumlah vitamin.

Kacang dapat dimakan dengan cara dibakar, dihaluskan, atau digoreng. Di Italia, kacang pinus merupakan bahan baku untuk saus pesto.


Berikut manfaat kacang pinus.

1. Mencegah penyakit jantung
Studi menunjukkan, makan kacang pinus lima kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Kacang pinus kaya akan lemak tak jenuh, magnesium, dan vitamin E yang menjaga kesehatan jantung.

Kacang ini juga mengandung sterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

2. Menurunkan berat badan
Dikutip dari Huffington Post, konsumsi kacang pinus dikaitkan dengan lingkar pinggang dan indeks massa tubuh yang rendah. Kacang ini mengandung karbohidrat sekaligus serat yang tinggi sehingga membantu proses metabolisme tubuh yang lebih baik.

3. Kaya antioksidan
Kacang pohon pinus mengandung vitamin E dan seng. Keduanya merupakan antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan membantu mencegah kerusakan sel dan melawat bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

4. Menangkal penurunan fungsi otak
Kacang pinus dapat mencegah penurunan fungsi otak, terutama fungsi kognitif. Konsumsi kacang ini dalam menu makan sehari-hari dapat mengurangi risiko Alzheimer sebesar 35 persen. Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi kacang pinus lima kali sehari.

5. Menguatkan tulang
Kandungan kalsium yang tinggi dalam kacang pinus bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, vitamin K yang ada di dalam kacang juga dapat mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan mineral tulang serta mengurangi risiko patah tulang.

Mediterranean-DASH Intervention for Neuridegenerative Delay (MIND) Diet merekomendasikan untuk mengonsumsi kacang pinus lima kali sehari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)