Pewarta Foto CNNIndonesia.com Menangkan Kompetisi Nasional

eks, CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 21:41 WIB
Pewarta Foto CNNIndonesia.com Menangkan Kompetisi Nasional Pewarta foto CNNIndonesia.com, Adhi Wicaksono berhasil mendapatkan penghargaan juara pertama photo story kategori People In The News, Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2019.(CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pewarta foto CNNIndonesia.com, Adhi Wicaksono berhasil mendapatkan penghargaan juara pertama photo story
kategori 'People In The News', Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2019.

Foto yang menang dalam kompetisi ini berjudul Menyelamatkan Asep dari Borgol Jiwa. Foto ini merupakan bagian laporan mendalam mengenai pemasungan para penyandang gangguan kesehatan jiwa.

Foto yang diusung Adhi mengisahkan Asep Kosasih (37), penderita skizofrenia yang telah terpasung selama 22 tahun. Ia terpasung sejak berusia 15 tahun hingga kini telah menapaki 37 tahun.

Skizofrenia merupakan salah satu gangguan kesehatan jiwa kronis yang mengancam banyak orang. Penyakit ini muncul akibat adanya ketidakseimbangan kadar dopamin dan serotonin dalam otak. Saat otak terganggu, berbagai gejala seperti delusi, halusinasi, cara bicara dan perilaku yang tidak teratur akan bermunculan.


Sorot matanya dingin dan tajam. Sorot itu seolah marah dan penuh kebencian, tapi pilu lantaran tak berdaya. Rambutnya yang gondrong tak beraturan semakin menggambarkan ketidakberdayaannya.

Asep meringkuk lunglai di atas dipan yang dilapisi kasur tipis yang kusam dan tak berbentuk. Tak ada satu helai kain pun yang membungkus tubuhnya. Tubuhnya kurus kerontang, seolah yang tersisa hanya kulit dan tulang. Di bagian kakinya, nampak jelas 'borgol' rantai yang mengikatnya dan membuatnya tak bisa ke mana-mana.

Selain Adhi, pada kategori yang sama Rahmad Azhar Hutomo pewarta foto National Geographic Indonesia menyabet juara 2 dengan karya Haru Biru Lanfu. Serta Mereka Juga Manusia karya Dhana Kencana pewarta foto IDN news di tempat ketiga.

Selain itu, AFPI juga menganugerahkan Photo of The Year APFI 2019 kepada Muh. Fahrur Rasyid pewarta foto Harian Saudagar Makassar dengan karya Evakuasi Korban. Foto ini berkisah tentang petugas Basarnas Indonesia mengevakuasi Nurul (15 tahun) dari tumpukan material gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Mantan Fotografer Kompas, Arbain Rambey juga diganjar penghargaan Life Time Achievement APFI 2019.

Bertempat di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta, AFPI digelar untuk memberikan penghargaan karya foto jurnalistik kepada para pewarta foto, Jakarta, Jumat (6/12). APFI merupakan penghargaan tahunan di bidang fotografi jurnalistik bagi hasil karya terbaik para pewarta foto dari seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI).

"Penghargaan bagi foto-foto jurnalistik terbaik ini digelar Pewarta Foto Indonesia untuk ke sembilan kalinya  sejak tahun 2009. Berbagai peristiwa terjadi di tahun  2018, mulai dari sesuatu yang terencana hingga tidak disangka-sangka. Hal itu terekam dalam imaji yang menjadi nukilan sejarah visual dan terangkum dalam bingkai Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2019," ujar Ketua Panitia APFI 2019 Muhammad Adimaja dalam kata sambutannya.

Penghargaan di bidang fotografi ini menyeleksi 1542  foto tunggal dan 191 rangkaian foto story dari 243 pewarta foto dan 87 peserta pewarta foto warga. Dan penghargaan di bidang multimedia dengan menyeleksi 6 karya multimedia dari 6 peserta dari seluruh Indonesia yang dinilai oleh dewan juri yang diketuai oleh Oscar Motulloh.

Dari seluruh karya foto yang masuk, terpilih tujuh foto jurnalistik terbaik dari tujuh kategori, tiga pemenang karya multimedia, serta dua penghargaan khusus yakni foto jurnalistik  Photo of the Year 2019 dan Life Time Achievement.  (eks)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA