3 Aktivitas Sederhana Agar Terhindar dari Penuaan Dini

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 05:45 WIB
3 Aktivitas Sederhana Agar Terhindar dari Penuaan Dini Ilustrasi. Tampil awet muda tak melulu karena perawatan kulit atau pakai kosmetik. Kuncinya ada pada aktivitas harian. (Foto: Pixabay/IsaacFryxelius)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjaga wajah dan tubuh agar terlihat awet muda memang butuh usaha, tak sedikit orang yang rela melakukan berbagai cara demi terhindar dari tanda-tanda penuaan, seperti menggunakan make up, mengandalkan produk perawatan mahal, hingga perawatan salon.

Menurut penulis lima buku best seller New York Times sekaligus pelopor yang diakui secara luas dalam kedokteran fungsional dan integratif Frank Lipman, menjaga tubuh dari penuaan dini merupakan hal yang sangat sederhana, bahkan tak perlu keluar banyak biaya.

"Pada dasarnya, makan lebih sedikit, tertawa lebih banyak, atasi stres Anda, dan tidur cukup. Hal apa lagi yang penting?" ungkapnya seperti yang dilansir Medical Daily.



Menurut Lipman, berikut adalah 3 aktivitas sederhana untuk membuat wajah dan tubuh tampil awet muda.

1. Tantang tubuh

Menurut Lipman, mendorong tubuh untuk melalui sejumlah rintangan fisik seperti puasa serta olahraga intensitas tinggi dapat memberikan sejumlah manfaat.

Selain meningkatkan stamina terutama ketahanan jantung, olahraga intensitas tinggi dapat membuat tubuh terbiasa dengan sedikit tekanan dan merangsang tubuh untuk memperbaiki sel dengan cepat sehingga memperpanjang umur.

"Ini akan sedikit memberi tantangan pada tubuh, disebut oleh beberapa orang sebagai gen umur panjang," tuturnya.

Namun, bukan berarti Anda harus memaksakan diri sehingga membuat tubuh terlalu stres. Menurut Lipman, latihan intensitas tinggi dapat Anda lakukan selama 15 menit sekali seminggu saat tubuh benar-benar sedang bugar. Kombinasikan dengan puasa intermittent sebagai cara untuk mendetoksifikasi tubuh dari racun.

2. Nikmati olahraga

Untuk menjaga tubuh agar tetap awet muda, seseorang juga harus mementingkan kualitas olahraga, bukan hanya kuantitas atau waktu olahraga.

Menurut Lipman, kunci dari penuaan yang sehat terletak pada cara bagaimana cara berolahraga yang aman dan benar.

"Seiring bertambahnya usia, maka akan semakin sulit untuk pulih ketika Anda cedera. Jadi, penting untuk mengubah cara berolahraga sesuai dengan kemampuan tubuh Anda," tuturnya.

3. Lebih menikmati hidup

Semakin bertambahnya usia, umumnya orang akan lebih menjaga kesehatan dengan cara membatasi makanan tertentu dan melakukan diet ketat. Meski bertujuan baik, namun hal justru dapat meningkatkan stres karena Anda tak bisa menikmati makanan favorit.


Menurut Lipman pencegahan memang hal yang baik untuk dilakukan, namun jika dipikirkan secara berlebihan hal ini akan membuat Anda terlalu stres. Ia menyarankan, sebaiknya tak perlu terlalu mengekang diri dan bersenang-senanglah sedikit dengan kehidupan.

"Nikmati makanan yang Anda mau, jangan dihindari, cukup batasi," kata Lipman. "Makan lebih sedikit dan tertawa lebih banyak."

[Gambas:Video CNN]

(aul/ayk)