18 Makanan yang Paling Bikin Kecanduan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 08:33 WIB
18 Makanan yang Paling Bikin Kecanduan Ilustrasi. Beberapa makanan diketahui memiliki sifat adiktif yang menimbulkan kecanduan. (safir makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 20 persen orang di dunia diperkirakan mengalami kecanduan makanan. Jumlah ini bahkan melebihi angka orang dengan obesitas.

Kecanduan makanan adalah kondisi di mana seseorang secara terus menerus memiliki hasrat untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan. Candu terhadap makanan tak berbeda dengan narkoba atau zat-zat adiktif lainnya.

Mereka yang mengalami kecanduan makanan mengaku tak bisa mengontrol konsumsi makanan jenis tertentu.


Namun, tak semua makanan membikin orang candu. Beberapa makanan diketahui memiliki kecenderungan untuk menimbulkan sifat candu pada orang yang memakannya.

Para peneliti di University of Michigan mencari tahu makanan apa saja yang menimbulkan candu. Dengan menggunakan Yale Food Addiction Scale (YFAS) sebagai referensi, peneliti bertanya pada 518 partisipan. Cara tersebut jadi yang paling umum digunakan untuk mengetahui tingkat kecanduan makanan.

Semua partisipan menerima daftar 35 jenis makanan, baik olahan maupun tidak.

Dalam studi ini, 7-10 persen partisipan didiagnosis mengalami kecanduan makanan atau dengan segala jenis makanan. Sebanyak 92 persen menunjukkan perilaku kecanduan hanya terhadap jenis makanan tertentu.

"Mereka berulang kali ingin berhenti memakannya, tapi [mereka] tidak dapat melakukannya," ujar peneliti, mengutip Healthline.

Sebagian besar makanan yang bersifat adiktif termasuk ke dalam kategori makanan olahan. Makanan-makanan ini umumnya tinggi gula dan lemak.

Berikut 18 makanan yang paling membuat banyak orang kecanduan.

1. Piza
2. Cokelat
3. Keripik
4. Kue kering
5. Es krim
6. Kentang goreng
7. Cheeseburger
8. Minuman bersoda
9. Cake
10. Keju
11. Bacon
12. Ayam goreng
13. Roti gulung
14. Popcorn
15. Sereal untuk sarapan
16. Permen
17. Steak
18. Muffin

Berikut 17 makanan yang paling tidak membuat banyak orang tidak kecanduan.

1. Mentimun
2. Wortel
3. Kacang polong
4. Apel
5. Nasi merah
6. Brokoli
7. Pisang
8. Salmon
9. Jagung (tanpa butter atau garam)
10. Stoberi
11. Granola bar
12. Air mineral
13. Crackers
14. Pretzels
15. Dada ayam
16. Telur
17. Kacang-kacangan

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)