FOTO:Nuad Thai, Pijat ala Thailand Calon Warisan Budaya Dunia

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 11:51 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Nuad Thai atau pijat tradisional asal Thailand bakal dimasukkan ke dalam daftar 'Warisan Budaya Tak Benda' UNESCO pada Desember 2019.

Nuad Thai atau pijat ala Thailand rencananya bakal dimasukkan ke dalam daftar 'Warisan Budaya Takbenda' pada pertemuan tahunan Unesco di Bogota, Kolombia, Desember 2019. (Photo by Romeo GACAD / AFP)
Nuad Thai ada di seantero Negeri Gajah Putih. Salah satu lembaga yang fokus mendalami Nuad Thai adalah Reclining Buddha School yang berlokasi di dalam kuil Wat Pho, Bangkok. (Photo by Romeo GACAD / AFP)
Ribuan peserta yang berasal dari Thailand atau negara-negara lain datang berduyun-duyun ke Reclining Buddha School pada setiap tahunnya. (Photo by Romeo GACAD / AFP)
Di kompleks Wat Pho, peserta mempelari beragam gerakan pijat yang menargetkan titik-titik akupuntur tubuh seperti ibu jari, siku, lutut, dan kaki. (Photo by Romeo GACAD / AFP)
Teknik ini telah dikenal sejak 2.500 tahun silam. Teknik diturunkan dari guru kepada murid di sejumlah kulit, dari generasi ke generasi. (Photo by Romeo GACAD / AFP)
Direktur Reclining Buddha School, Preeda Tangtrongchits melihat minat yang terus meningkat terhadap Nuad Thai, khususnya saat ekonomi negara tengah memburuk. (Photo by Romeo GACAD / AFP)
Nuad Thai berhasil mempekerjakan puluhan ribu orang Thailand. Seorang terapis spa kelas atas Thailand bahkan dapat menghasilkan sekitar Us$100 atau sekitar Rp1,4 juta per jam. Angka ini lebih tinggi dua atau tiga kali lipat daripada pendapatan terapis di London, Inggris. (Photo by Romeo GACAD / AFP)