5 Tips Belanja Cermat Sambut Harbolnas

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 17:42 WIB
Pesta diskon membuat calon pembeli siap dan rela menguras dompet. Berikut beberapa tips belanja untuk menyambut Harbolnas pada Kamis (12/12) esok. Ilustrasi. Pesta diskon seperti Harbolnas membuat calon pembeli siap dan rela menguras dompet. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah bersiap dengan pesta diskon esok hari? Momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada Kamis (12/12) jadi waktu yang dinanti untuk membeli berbagai barang pilihan dengan harga murah meriah.

Pada momen ini, para pelapak online (daring) maupun situs belanja (marketplace) biasanya memberikan diskon besar-besaran. Gemilang diskon yang diberikan membuat calon pembeli siap dan rela menguras dompet.

Ada beberapa tips belanja yang bisa Anda cermati untuk menyambut Harbolnas. Berikut tipsnya.


1. Pasang pengingat
Umumnya, toko daring memiliki jadwal tertentu untuk menawarkan diskon. Kenali dan cari informasi terlebih dahulu tentang toko daring tempat Anda ingin berbelanja. Cermati waktu pemberian diskon dan pasang pengingat jika perlu.

Umumnya, besaran diskon akan saling berbeda di setiap waktunya. Diskon yang diberikan pada pukul 06.00 WIB akan berbeda dengan yang diberikan pada pukul 12.00 WIB.

2. Langganan surel marketplace
Beberapa promo Harbolnas dibagikan lewat informasi pada surat elektronik. Tak ada salahnya jika Anda berlangganan surel marketplace favorit.

Selain surel, informasi soal penawaran diskon juga umumnya tersedia di aplikasi. Perbaharui informasi dan lakukan pengecekan aplikasi secara berkala. Siapa tahu ada penawaran diskon menarik dari barang yang Anda inginkan.

3. Buat daftar barang yang diperlukan
Daftar belanja selalu jadi cara ampuh agar tidak 'kalap' saat berbelanja. Sebelum menyisir toko-toko daring yang menawarkan diskon menarik, akan lebih baik jika Anda membuat daftar barang yang diperlukan.

4. Beli busana basic
Ada banyak barang dengan label diskon menarik termasuk busana. Pilih busana model basic atau klasik jika busana jadi salah satu incaran barang diskon Anda. Busana jenis ini akan bisa dikenakan dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, pilih cardigan hitam daripada blus pink neon meski keduanya dijual dengan harga diskon yang sama.

5. Cek dan cek lagi
Sebelum check out dan siap membayar, pastikan barang sudah sesuai keinginan. Jangan sampai hanya karena godaan diskon, barang yang sampai malah tidak sesuai dengan keinginan.

Cek pula apakah toko dapat menerima penukaran atau tidak jika barang yang diterima tak sesuai.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK