5 Tips Kemas Koper untuk Trip Wisata Musim Dingin

CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 16:40 WIB
5 Tips Kemas Koper untuk Trip Wisata Musim Dingin Pemandangan kota Tokyo di Jepang kala bersalju pada Januari 2016. (AFP Photo/Kazuhiro Nogi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wisata ke tempat bersalju masih menjadi kegiatan wisata wajib bagi sebagian turis Indonesia di akhir tahun.

Kemeriahan pasar Natal dan keseruan pesta kembang api Tahun Baru dirasa mereka bakal lebih menarik disaksikan di tengah rintik salju yang turun.

Sebelum koper kelebihan muatan, berikut sejumlah tips mengemas barang bawaan menuju destinasi wisata bersalju:


1. Utamakan fungsi

Sebelum membawa banyak jaket tebal, pahami dulu fungsi dari jaket yang bakal dibawa dan suhu di destinasi tujuan.

Kalau ingin koper lebih enteng ringkas, sebaiknya hanya bawa dua jaket; yang tahan air dan yang tahan angin.

2. Penghangat selain jaket

Daripada membawa banyak jaket tebal, lebih baik membawa penghangat badan lain selain jaket, seperti syal, sarung tangan, pakaian dalam thermal, atau topi.

Pilih aksesori fesyen yang berwarna netral sehingga mudah dipadukan dengan jaket yang dibawa.

3. Sepatu nyaman

Berjalan di atas tumpukan salju sangatlah mendebarkan, karena bisa saja membuat tubuh tergelincir.

Saat berada di kawasan bersalju atau yang sudah mencair, kenakanlah sepatu dengan alas anti selip lalu berjalanlah dengan hati-hati.

4. Cepat kering

Kenakanlah pakaian yang anti air atau mudah dikeringkan, sehingga bisa langsung dijemur di kamar mandi setelah dikenakan.

Hindari membawa baju atau celana dengan bahan yang susah dikeringkan, daripada nantinya membawa pulang banyak pakaian basah yang merepotkan.

5. Pelembab kulit

Saat musim dingin matahari memang tidak bersinar terik, namun sesungguhnya tetap memancarkan sinar UV yang membahayakan kulit.

Udara dingin juga membuat kulit cepat kering, sehingga pelembab kulit, wajah, dan bibir dengan kandungan SPF tetaplah wajib digunakan, tak hanya wanita juga bagi anak dan pria.

(ard/ard)