Tips Terhindar dari Diskon Palsu di Harbolnas 12.12

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 15:14 WIB
Tips Terhindar dari Diskon Palsu di Harbolnas 12.12 Ilustrasi. Membandingkan harga di sejumlah toko online bisa menjadi salah satu cara agar terhindar dari jebakan diskon palsu. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang memberikan promo 12.12 menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Hari ini ratusan toko online menawarkan berbagai diskon menarik, bahkan diskon hingga setengah harga.

Diskon besar-besaran kerap membuat orang membeli barang yang tidak dibutuhkan dengan alasan 'takut ketinggalan diskon'. Padahal, bisa jadi harga murah yang ditawarkan toko online merupakan diskon palsu.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Consumers' Checkbook mengungkap bahwa beberapa toko menawarkan diskon palsu alias tak benar-benar mengurangi harga saat diskon. Harga yang ditawarkan tak jauh beda dari harga reguler.


Studi ini meneliti 6 hingga 10 produk di 7 retail besar di Amerika selama 44 minggu mulai dari Juni 2014. Peneliti melakukan cek terhadap toko online maupun offline dari retail tersebut untuk memastikan kecocokan harga.

Hasilnya, studi menemukan bahwa beberapa toko memang mengurangi harga saat sedang diskon namun sebagian lainnya menawarkan harga palsu. "Mereka menggunakan ilusi diskon yang besar agar orang-orang tetap berbelanja," kata Kevin Brasler, eksekutif editor Checkbook.

Sebagai contoh, toko memberikan diskon hingga 50 persen dari harga Rp100 ribu menjadi Rp50 ribu. Padahal, harga asli barang tersebut ternyata hanya Rp60 ribu, sehingga Anda tak benar-benar mendapatkan diskon sebesar 50 persen.

Tak hanya ilusi diskon, toko juga memberikan ilusi tanggal, misalnya diskon hanya berlaku hari ini, padahal di hari esok juga masih diskon. Ilusi tanggal ini membuat pembeli terburu-buru dalam membeli barang tanpa berpikir lebih jernih.

"Mereka membuat harga yang ditawarkan tampak lebih rendah, padahal sebenarnya itu merupakan harga yang selalu mereka tawarkan. Bahkan sering kali harga tersebut tak lebih rendah jika Anda membandingkannya dalam kurun waktu yang lama," ungkap Brasler.

Agar terhindar dari diskon 'palsu' saat Harbolnas promo 12.12 berikut sejumlah cara yang bisa Anda lakukan.

1. Baca penilaian pembeli
Tips Terhindar dari Diskon Palsu di Harbolnas 12.12Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma
Di balik diskon besar-besaran yang ditawarkan, bisa jadi barang yang dijual memiliki kualitas yang jelek atau palsu. Untuk mewaspadai hal ini, sebelum membeli barang sebaiknya Anda membaca penilaian pembeli terlebih dahulu, terutama saat Anda berbelanja di e-commerce dengan beragam penjual.

2. Pastikan toko memiliki sistem retur

Saat diskon besar-besaran, tak jarang toko yang menjual barang lama dengan kualitas yang kurang baik, seperti jahitan yang kurang rapi atau terdapat goresan. Meskipun Anda membelinya dengan harga miring, namun itu bukan alasan kalau Anda 'layak' mendapat barang cacat. Untuk itu, sistem retur menjadi hal yang wajib diperhatikan ketika belanja di Harbolnas.


3. Cek ke toko offline

Kunjungi toko offline sebelum membeli barang untuk memantau harga, karena bisa jadi toko offline menawarkan harga yang sama atau malah lebih murah dari toko online. Selain itu, di toko offline Anda juga bisa memeriksa barang secara langsung untuk menghindari membeli barang cacat atau palsu. Anda juga bisa mencoba barang tersebut, apakah cocok atau tidak.

[Gambas:Video CNN] (aul/ayk)


ARTIKEL TERKAIT