5 Cara Alami Tingkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 16:28 WIB
5 Cara Alami Tingkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan Ilustrasi. Flu dan batuk menjadi penyakit langganan di musim hujan. Berikut cara untuk meningkatkan imun tubuh agar tak mudah tertular. (Foto: Jamie Hamel-Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musim kemarau kini tengah berganti ke musim hujan. Di tengah cuaca yang lebih sejuk, sayangnya sejumlah penyakit mudah menyebar di musim ini.

Lembapnya udara di musim hujan bisa membuat virus dan bakteri lebih mudah berkembang biak dan menyebar. Itu sebabnya, sejumlah penyakit seperti flu dan bakteri kerap menyerang di sepanjang musim ini.

Ahli gastroenterologi integratif untuk kesehatan usus Marvin Singh mengatakan, menjaga imunitas sangat penting di akhir tahun agar penyakit tak merusak kesenangan liburan.



Salah satu pusat sistem kekebalan tubuh menurut Singh berada di usus. "Setidaknya 70 sampai 80 persen kekebalan tubuh dipengaruhi oleh keseimbangan bakteri usus," katanya.

Sehingga, mengatur apa yang masuk ke dalam usus bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan imun tubuh setiap saat.

Berikut sejumlah cara untuk meningkatkan imunitas tubuh menurut Singh, dikutip dari Medical Daily.

1. 'Hara hachi bu'
5 Cara Alami Tingkatkan Imun Tubuh di Musim HujanFoto: Kaboompics

'Hara hachi bu' merupakan sebuah pepatah jepang yang berarti 'makan sampai 80 persen penuh'. Prinsip ini dapat menghindari Anda terlalu banyak makan, terutama saat undangan jamuan cukup banyak menjelang akhir tahun.

Kebanyakan makan bukan sekadar masalah kekenyangan atau penambahan berat badan, kebanyakan makan juga dapat memberatkan kinerja usus, mengganggu keseimbangan bakteri, yang akhirnya menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit maag, diare, dan mual.

Saat pencernaan tidak sehat, maka otomatis imun tubuh untuk melawan peradangan menjadi ikut menurun.

2. Bakteri baik
5 Cara Alami Tingkatkan Imun Tubuh di Musim HujanFoto: Jamie Hamel-Smith
Banyaknya bakteri jahat pada usus dapat menjadi awal gangguan pencernaan yang akhirnya memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Bakteri jahat dapat mengeluarkan racun dan mengganggu imun tubuh. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri baik probiotik seperti yogurt dapat menjadi upaya untuk menyeimbangkan bakteri dan meningkatkan imunitas.

Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung banyak oksidan juga bisa membuat risiko peradangan pada tubuh menurun. Antioksidan bisa ditemui di tengah hijau, buah beri, kunyit, bayam, tomat, dan beragam buah serta sayur lainnya.

3. Olahraga

Olahraga tak melulu harus ke gym atau mengenakan pakaian khusus olahraga. Berjalan selama 20 menit sehari juga termasuk olahraga karena Anda sudah bergerak aktif.

Menurut Singh, olahraga dapat menginduksi peningkatan keanekaragaman mikroba dalam mikrobioma usus manusia serta meningkatkan rasio Bacteroidetes-Firmicutes yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Hindari alkohol

Bila memungkinkan, hindari minuman yang mengandung alkohol atau konsumsi cukup sekali selama 1 minggu. Pasalnya, alkohol dapat menyebabkan stres oksidatif yang merusak kekebalan tubuh. Efek yang hampir sama juga terjadi saat Anda konsumsi minuman bersoda dan minuman manis.


5. Bersantai
5 Cara Alami Tingkatkan Imun Tubuh di Musim HujanFoto: eak_kkk/Pixabay
Terlihat sepele, namun bersantai sangat bermanfaat untuk mengurangi stres. Stres sendiri dapat mengganggu mikrobioma usus dan mengurangi kemampuan anti-inflamasinya.

Bersantai bisa Anda lakukan selama 2 jam sehari sepulang beraktivitas. Bersantai yang efektif ialah mematikan ponsel yang berhubungan dengan pekerjaan, lalu nikmati film atau serial favorit seraya menikmati teh hijau hangat tanpa gula.

[Gambas:Video CNN] (ayk/ayk)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA