FOTO: Mengintip Pabrik Kaviar dari China yang Mendunia

AFP, CNN Indonesia | Minggu, 15/12/2019 23:05 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kaviar merupakan makanan mewah yang disajikan di hotel berbintang. Tak banyak yang tahu, China merupakan salah satu negara penghasil kaviar terbesar dunia.

Kaviar atau telur ikan yang disajikan di restoran berbintang Michelin bisa jadi berasal dari China. Pasalnya, salah satu daerah di China merupakan penghasil kaviar ternama dunia.  (Photo by WANG ZHAO / AFP)
Sebagian besar produksi kaviar China berasal dari danau indah yang dikelilingi pegunungan di Provinsi Zhejiang timur. Perusahaan Queen Kaluga menjadi pemimpin pasar Kaviar. (Photo by WANG ZHAO / AFP)
Merek Queen Kaluga dibuat pada 2005 oleh para ahli yang bekerja untuk Kementerian Pertanian China. Saat ini perusahaan tersebut telah memproduksi sepertiga dari kaviar dunia. (Photo by WANG ZHAO / AFP)
Merek ini dibuat pada tahun 2005 oleh para ahli yang bekerja untuk kementerian pertanian dan sekarang memproduksi lebih dari sepertiga kaviar dunia, menjadikan Cina pemimpin global. (Photo by WANG ZHAO / AFP)
Kaluga Queen memiliki 300 karyawan yang menjaga sekitar 200 ribu ekor Ikan Sturgeon. (Photo by WANG ZHAO / AFP)
Begitu Ikan Sturgeon betina sudah mencapai kematangan seksual, mereka akan ditangkap. Ikan ini akan dibawa ke laboratorium dan bagian perut mereka dibuat untuk mengekstrasi telur hitam. (Photo by WANG ZHAO / AFP)
Telur yang dikeluarkan tersebut kemudian dicuci, disortir dan diasinkan. Setelah semua proses selesai akan ditempatkan di dalam kotak. Kaluga Queen menghasilkan 86 ton kaviar tahun lalu.  (Photo by WANG ZHAO / AFP)
Harga kaviar bergantung dengan spesiesnya. Harga kaviar bervariasi antara Rp19,8 juta hingga Rp357,7 juta per kilogram. (Photo by WANG ZHAO / AFP)