Cara Memasak Sosis Agar Rasanya Seenak di Restoran

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/12/2019 08:35 WIB
Agar sosis goreng atau bakar terasa lebih gurih, ada tahapan yang baiknya tak dilewati saat memasak. Ilustrasi. Agar sosis goreng atau bakar terasa lebih gurih, ada tahapan yang baiknya tak dilewati saat memasak sosis. (Foto: morgueFile/frolicsomepl)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sosis kerap jadi pilihan lauk praktis selain telur. Sosis bisa diolah menjadi beragam jenis masakan seperti sup atau tumisan. Bahkan, cukup dengan digoreng sosis telah siap untuk disantap.

Melansir dari Daily Star, Jeff Baker, koki Inggris dengan predikat Michelin membeberkan lima cara mudah memasak sosis. Cara-cara ini dapat meningkatkan cita rasa sosis, bahkan menjadikannya seenak sosis ala restoran.

1. Suhu ruang
Sosis biasanya disimpan di dalam kulkas. Memasak sosis dalam keadaan dingin tak hanya berisiko membuat sosis menjadi kurang matang namun juga mengurangi rasa gurihnya. Baker menuturkan cara ini juga bertujuan untuk mencegah kulit sosis pecah saat bersentuhan dengan panas.


Sebaiknya diamkan sosis sekitar 20 menit sebelum diolah. Waktu ini bisa bergantung pada seberapa dingin sosis tersebut. Bila sosis dalam keadaan beku, waktu yang dibutuhkan tentu jadi lebih lama.

2. Wajan antilengket
Cara termudah dan tercepat mengolah sosis adalah dengan menggorengnya. Namun, tak jarang sosis menjadi lengket dan bagian kulitnya menjadi terkelupas.

Kondisi ini bisa membuat sosis kurang sedap dipandang dan dapat menurunkan selera. Oleh karenanya, siapkan wajan antilengket kemudian panaskan dengan suhu rendah hingga sedang. Hindari menggunakan api besar karena bisa membuat sosis gosong dan terasa pahit.

3. Butter
Setelah wajan mencapai panas yang cukup, masukkan butter. Tak perlu terlalu banyak, hanya saja pastikan lelehan butter bisa melapisi seluruh permukaan wajan.

Aroma butter dapat membuat sosis lebih lezat saat disantap. Bila dikonsumsi untuk anak-anak, butter memberikan tambahan kalori.

Untuk pilihan lebih sehat, Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak canola yang juga memberikan aroma khas.

Bila sosis ingin diolah menjadi sosis bakar, balur sosis terlebih dahulu dengan butter atau minyak agar kulitnya tak menempel di panggangan.

4. Panas konstan
Saat menggoreng maupun membakar, letakkan sosis tanpa bersentuhan satu sama lain. Agar kematangannya sempurna, pastikan gunakan api sedang. Bolak-balik sosis hingga warnanya menjadi agak keemasan.

Baker merekomendasikan menggoreng sosis tebal dan besar dengan api sedang selama 10-12 menit agar matangnya sempurna.

5. Turunkan suhu
Setelah matang, sosis biasanya akan memiliki tekstur padat. Temperatur bagian dalam sosis bisa mencapai 70 derajat Celcius.

Dalam kondisi seperti ini, diamkan sosis selama beberapa menit sebelum disajikan. Ini akan membuat sosis menjadi lebih 'juicy' atau mengeluarkan kaldu gurih saat disantap.

[Gambas:Video CNN] (els/ayk)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK