Jalur Sepeda Bakal Selamatkan Angkor Wat dari Polusi Udara

CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 16:09 WIB
Jalur Sepeda Bakal Selamatkan Angkor Wat dari Polusi Udara Kuil Angkor Wat di Kamboja. (Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bersepeda menjadi salah satu kegiatan wisata yang pas dilakukan saat berkunjung ke Kuil Angkot War di Kamboja.

Ada banyak agen perjalanan wisata yang menyediakan tur bersepeda di Taman Arkeologi Angkor.

Jenis sepedanya juga beragam, mulai dari sepeda konvensional sampai sepeda elektrik.


Saat ini semakin banyak turis yang datang untuk bersepeda di komplek kuil Hindu ini, sampai-sampai mereka harus berbaur dengan pengendara kendaraan motor yang juga melintas di sekitarnya.

Bukan cuma sepeda motor, pesepeda juga harus waspada jika ada tuk-tuk yang terkadang dikendarai dengan kencang.

Seperti yang dikutip dari Lonely Planet pada Senin (16/12), demi kenyamanan dan keamanan turis pengelola Angkor Wat berencana untuk membangun jalur pesepeda di kawasannya.

Teknik pembangunan jalur pesepeda ini masih dipertimbangkan dengan matang, sehingga tidak merusak tanah Angkor Wat yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Selain dibangun dengan material yang ringan, pembangunan jalur pesepeda juga tak akan sampai menebang pohon yang ada di sekitarnya.

Jika disetujui oleh pemerintah, jalur pesepeda selebar dua meter itu bakal dibangun antara Kuil Angkor Wat sampai Kuil Ta Keo.

Usaha "menyelamatkan" Kuil Angkor Wat dari kepungan metropolitan sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2016.

Saat itu pemerintah meneken larangan kendaraan bermotor melintas di depan pintu masuk kuil, sehingga polusi dan getaran dari kendaraan yang melintas tak merusak fondasi kuil.

Tur sepeda juga dipromosikan untuk menghapus tur naik gajah keliling Kuil Angkor Wat yang dianggap tidak berperikemanusiaan.

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)