Nostalgia Viet Cong Lewat Jelajah Terowongan Cu Chi

CNN Indonesia | Selasa, 17/12/2019 14:39 WIB
Nostalgia Viet Cong Lewat Jelajah Terowongan Cu Chi Pemandangan Kanal Xuyen Tam di Ho Chi Minh City, Vietnam. (Kao NGUYEN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan cuma menjadi destinasi yang tepat untuk menikmati pho sembari menyesap bir, Vietnam juga memiliki objek wisata bersejarah yang patut dikunjungi.

Turis yang berkunjung ke Ho Chi Minh City pasti sekaligus berkunjung ke terowongan Cu Chi, yang digunakan kelompok Viet Cong saat masa Perang Vietnam.

Jika saat itu pasukan militer Amerika menyudutkan Vietnam dengan persenjataan yang canggih, maka pasukan Vietnam memutar otaknya untuk memukul mundur Amerika dengan teknik tradisional, salah satunya membangun terowongan bawah tanah yang berliku dan sempit.


Selain menjadi lokasi tembak menembak dan menjebak pasukan Amerika, terowongan Cu Chi juga digunakan sebagai tempat beristirahat para prajurit Vietnam.

Keluarga prajurit Vietnam juga ikut tinggal di sana, sebagian bertugas mencetak poster propaganda perang.

Bagi yang mengidap claustrophobia atau fobia ruangan sempit, menyusuri terowongan Cu Chi bukanlah pengalaman wisata yang menyenangkan.

Bentuk terowongan ini kecil, beratap rendah, sempit, panjang, sekaligus minim penerangan. Rasanya hanya prajurit Viet Cong yang memang memiliki fisik ramping kecil saja yang bisa masuk ke sana.

Salah satu terowongan Cu Chi, Secret Cellar B, mulai digali antara Februari dan Mei 1952.

Terowongan ini beroperasi hingga 1957 sebelum dinonaktifkan karena masalah keamanan lalu dikubur kembali dengan tanah pada tahun 1959 untuk menghindari ditemukan musuh.

Saat ini, turis dapat mengakses terowongan dengan cara mendaftar ke Dinas Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Distrik 10.

Nostalgia Viet Cong Lewat Jelajah Terowongan Chu ChiTerowongan Cu Chi. (Jorge Láscar via Wikimedia Commons (CC-BY-2.0))

Selain Secret Cellar B, masih banyak lagi terowongan bawah tanah yang berada di sekitar Ho Chi Minh City.

Terowongan di bawah Independence Palace dan Ho Chi Minh Museum - keduanya dibangun atas perintah Presiden Vietnam Selatan saat itu, juga bisa dikunjungi turis.

"Ho Chi Minh memiliki banyak detil sejarah yang mengesankan," kata Tim Doling, sejarawan yang juga menjadi pemandu wisata di Vietnam, seperti yang dikutip dari CNN Travel.

Cara paling praktis untuk menjelajahi terowongan Cu Chi di Vietnam ialah dengan mengikuti tur wisata, baik yang ditawarkan oleh agen perjalanan wisata seperti Viator atau TourRadar.

Untuk informasi lebih lanjut, turis bisa menyambangi situs resmi Badan Pariwisata Vietnam.

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)