Tips Belanja Batu Permata di Tempat Wisata

CNN Indonesia | Selasa, 17/12/2019 17:15 WIB
Tips Belanja Batu Permata di Tempat Wisata Ilustrasi. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asia menjadi salah satu destinasi belanja batu permata. Berbeda negara, beragam pula jenis batu permata yang ditawarkan.

Russell Shor, pengamat batu permata dari Gemological Institute of America (GIA), mengatakan kalau Thailand, Hong Kong, dan kota Jaipur di India menjadi pusat penjualan batu permata di Asia.

Toko batu permata bisa dengan mudah ditemukan di kawasan Old City, Jaipur. Namun kebanyakan yang dijual di sini merupakan batu permata berkualitas rendah.


Jika mencari batu permata berkualitas tinggi - dan tentunya berharga selangit, silakan datang ke Hong Kong.

Meski harus merogoh kocek lebih dalam, banyak toko permata di sana yang membebaskan pajak untuk pembeli dari mancanegara.

Sementara Thailand menawarkan batu permata dengan pilihan warna yang lebih meriah.

Kawasan Silom dan Chanthaburi menjadi pusat perdagangan batu permata di sini.

Sebagian besar permata yang dijual di Thailand, Hong Kong, dan India diimpor dari luar negeri. Sumber utama batu permata berwarna seperti rubi, giok, zamrud dan safir, adalah Brasil, Myanmar, Sri Lanka, Madagaskar dan Tanzania.

Di antara produsen utama berlian adalah Rusia, Australia, Kanada, Afrika Selatan, dan Botswana.

Pengamat batu permata lainnya dari GIA, Kanpoj Thanachakaphad, mengatakan kalau turis perlu ditemani orang lokal yang berpengalaman saat hendak berbelanja batu permata.

Batu permata yang bakal dibeli juga wajib lulus tes laboratorium untuk mengetahui keasliannya.

Tempat untuk mengetes keaslian tersebut berada di Laboratorium Permata Gubelin di Hong Kong, Laboratorium Pengujian Permata Internasional Jaipur, serta GIA dan AIGS di Bangkok.

Tes keaslian batu permata biasanya bertarif kurang dari US$100 dan dapat diselesaikan dalam waktu 2-3 hari.

Shor mengatakan tes yang dilakukan berupa "penilaian batu permata yang ilmiah dan tidak memihak."

Jika batu permata imitasi dari kaca dapat terlihat dengan mudah karena warna-warna cerah yang tidak wajar dan gelembung kecil di dalam batu, batu permata palsu yang hampir menyerupai asli hanya dapat diidentifikasi oleh ahli permata, tambahnya.

Thanachakaphad mengatakan tes laboratorium akan membantu menghalau penipuan.

"Tes ini menunjukkan bahwa Anda tidak bodoh, bahwa Anda tahu apa yang dilakukan," katanya.

"Jika pedagang tidak setuju untuk menguji permata di laboratorium maka Anda tahu mereka tidak jujur, dan Anda bisa pindah ke toko lain. Setiap pedagang yang jujur akan dengan senang hati menguji permatanya jika Anda seorang pembeli serius."

Thanachakaphad mengakui tes laboratorium menghabiskan waktu, terutama bagi turis yang sedang berkunjung dalam waktu singkat.

Jika waktu adalah masalahnya, maka pembeli yang berencana membawa pulang batu permata mahal harus menyewa konsultan dari laboratorium untuk memberikan saran di tempat.

Thanachakaphad mengatakan ada beberapa cara untuk menghindari batu permata palsu:

1. Pelajari bahasa khusus dalam jual beli batu permata. Jika penjual tidak mengerti, bisa jadi ia penipu.

2. Batu permata palsu sering memiliki bayangan (garis ganda) di sepanjang tiap potongannya. Batu permata asli tidak.

Saat menilai berlian, warna batu asli harus lebih kuat saat Anda melihatnya dari belakang. Berlian palsu cenderung memiliki warna lebih cerah ketika Anda melihatnya dari depan.

3. Toko permata yang meragukan sering memiliki jenis produk yang sangat banyak, mencoba mengalihkan perhatian pembeli dengan ragamnya. Toko yang terpercaya biasanya memiliki jenis produk yang lebih sedikit.

4. Hindari datang ke toko batu permata yang direkomendasikan oleh pemandu wisata atau sopir taksi. Orang-orang ini biasanya mendapat komisi besar untuk membawa turis ke tokonya.

5. Jika ingin berbelanja permata sendiri, pastikan mengunjungi beberapa toko yang berbeda untuk membandingkan harga dan juga untuk mencatat perilaku dan taktik penjualan staf di setiap toko.

Anda akan mulai mengidentifikasi pola perilaku, yang akan membantu Anda menghindari penipuan.

6. Sebelum Anda melancong untuk berburu batu permata, baca ulasan toko online untuk menemukan pedagang yang dianggap terbaik.

Jika ragu, pilih toko yang dikelola oleh ahli gemologi terlatih dengan kualifikasi dari GIA atau lembaga terkenal lainnya. Mintalah untuk melihat kualifikasi mereka.

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)