7 Cara Membersihkan dan Merawat Sepatu di Musim Hujan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 17/12/2019 20:30 WIB
7 Cara Membersihkan dan Merawat Sepatu di Musim Hujan Ilustrasi. Sepatu yang terkena air hujan perlu dibersihkan dengan tepat agar sepatu tidak lembap, bau, atau bagian sol menjadi mudah rusak. (Foto: Daria/epicantus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musim hujan identik dengan udara lembap, genangan air hingga cipratan air dari roda kendaraan bermotor. Membuat sepatu menjadi mudah basah dan kotor. Sepatu yang kehujanan atau bahkan terendam genangan air perlu segera dibersihkan karena dapat memengaruhi tampilan dan kenyamanan sepatu.

Karena bahan sepatu bisa berbeda, maka perawatannya pun berbeda. Berikut cara merawat sepatu yang sering terpapar air hujan agar tak mudah rusak dan tetap nyaman saat dikenakan, mengutip Laundrokart.

1. Waktu untuk membersihkan


Untuk sepatu yang hanya basah akibat kehujanan atau menerjang banjir, bisa segera dibersihkan dan dikeringkan. Namun, bila sepatu juga terkena cipratan lumpur atau tanah yang cukup tebal, baiknya bersihkan keesokan hari. Pasalnya, tanah dan lumpur yang masih basah dapat mengotori bagian sepatu yang bersih. Saat lumpur atau tanah sudah mengering, kotoran dapat lebih mudah dibersihkan ketimbang saat kotoran masih dalam kondisi basah.


2. Sikat kering

Bila tumpukan tanah dan lumpur pada sepatu sudah mulai kering, bersihkan kotoran menggunakan sikat kering. Setelah tak ada lagi tumpukan tanah atau lumpur pada permukaan sepatu, barulah bersihkan sepatu secara menyeluruh dengan air dan sabun.

3. Gunakan sabun

Genangan atau cipratan air hujan umumnya sudah terkontaminasi bakteri. Bila sepatu hanya dibersihkan dengan air, ditakutkan bakteri berkembang biak dan menyebabkan sepatu menjadi bau saat kering. Jadi, gunakan sabun khusus sepatu atau gunakan sabun mandi guna membasmi bakteri.

4. Sesuai bahan
7 Cara Membersihkan dan Merawat Sepatu di Musim HujanSepatu yang terkena air hujan perlu dibersihkan dengan tepat agar sepatu tidak lembap, bau, atau bagian sol menjadi mudah rusak. (Foto: Pezibear/Pixabay)
Selain menggunakan sabun yang tepat, pastikan alat yang digunakan untuk membersihkan sepatu sudah sesuai dengan bahan agar sepatu tak mudah rusak. Berikut cara membersihkan sepatu sesuai bahan:

- Sepatu olahraga: lepaskan sol bagian dalam dan tali sepatu. Campurkan secangkir air hangat dan sabun, lalu aplikasikan pada sepatu menggunakan sikat nilon. Gosok dengan halus hingga kotoran hilang. Bilas sepatu dengan air lalu gunakan handuk tebal untuk menyerap air pada sepatu sehingga proses pengeringan lebih cepat.

- Sepatu kulit: bersihkan permukaan sepatu hingga dan sol bagian dalam dengan handuk halus yang telah dibasahi air sabun. Setelah itu gunakan handuk yang kering untuk membersihkan sisa sabun sekaligus untuk mengeringkan sepatu. Saat sepatu sudah kering, Anda bisa mengoleskan kondisioner khusus sepatu kulit agar permukaannya tak mudah pecah-pecah.

- Sepatu kanvas: karena berbahan kain, sepatu kanvas bisa dibersihkan dengan detergen biasa dan sikat nilon. Bahkan, untuk bahan kanvas berwarna putih, Anda bisa menggunakan penghilang noda untuk membersihkan kotoran. Cukup pastikan sepatu kanvas harus segera dibersihkan ketika terkena noda dan hindari membiarkannya terlalu lama. Sebab kotoran dapat dengan mudah menyerap ke serat kain dan membuat noda menjadi lebih sulit dibersihkan.

- Sepatu suede: bahan suede mudah terkikis, sehingga bahan ini perlu dibersihkan dengan sikat yang sangat lembut seperti sikat gigi atau gunakan spons halus. Bila noda benar-benar sulit hilang, gunakan sedikit alkohol pada spons dan gosok pada noda yang membandel.

5. Keringkan dengan tepat

Musim hujan identik dengan awan mendung dan udara lembap. Untuk mempercepat proses pengeringan, gunakan handuk tebal untuk mengeringkan bagian dalam sepatu dengan cara diremas. Cara ini dapat menyerap sekitar 40 persen air yang menyerap pada bahan sepatu.

Lanjutkan proses pengeringan dengan kipas angin. Hindari menggunakan hair dryer dengan suhu panas karena dapat memengaruhi lem pada sol dan membuat sepatu mudah rusak. Hindari pula menjemur sepatu berbahan kulit dan suede di bawah terik matahari karena dapat membuat permukaan menjadi kering dan pecah.


6. Gunakan pelindung

Kini banyak tersedia pelindung sepatu, ada yang sekali pakai dan ada yang terbuat dari karet atau plastik yang bisa dipakai berulang-ulang. Selain membuat sepatu tetap bersih saat menerjang hujan, pelindung juga akan menghemat waktu dan tenaga Anda untuk membersihkan dan mengeringkan sepatu.

7. Semprot sepatu

Udara yang lembap bisa membuat bagian dalam sepatu ikut lembap dan mudah bau. Untuk mencegahnya, gunakan cairan semprot khusus sepatu yang diformulasikan untuk membunuh bakteri dan menghilangkan bau. Gunakan setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mencegah sepatu bau karena lembap.

[Gambas:Video CNN]

(ayk/ayk)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA