Doa saat Hujan dan Angin Kencang agar Terhindar dari Bencana

Tim, CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 05:41 WIB
Musim hujan identik dengan angin kencang. Agar angin tak berujung bencana, umat Islam dianjurkan untuk melafalkan sejumlah doa. Ilustrasi. Agar angin tak berujung bencana, umat Islam dianjurkan untuk melafalkan sejumlah doa. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musim hujan identik dengan angin yang yang bertiup kencang. Angin kencang dapat berujung menjadi bencana. Umat Islam dianjurkan untuk mengucapkan doa saat angin kencang agar mendapatkan kebaikan dan jauh dari bencana akibat angin tersebut, seperti merusak rumah dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa doa yang dapat dilafalkan saat angin kencang tiba.

Dikutip dari buku Doa & Wirid karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Rasulullah SAW bersabda bahwa angin termasuk rahmat Allah yang datang membawa rahmat, namun kadang kala membawa azab.

"Maka apabila kalian melihat angin kencang, jangan lah kalian memakinya, tetapi minta lah kepada Allah kebaikannya dan berlindung lah kepada Allah dari kejahatannya," kata Nabi Muhammad.

Berikut doa saat angin kencang:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا
Allahumma innii as'aluka khairahaa wa a'uudzubika min syarriha

Artinya:
"Ya Allah, sungguh aku mohon kepadaMu kebaikan angin ini, serta aku berlindung kepadaMu dari keburukannya."

Doa ini sesuai dengan hadis sahih yakni Hadis Riwayat Abu Dawud nomor 5079 dan Ibnu Majah nomor 3727.

Doa lainnya saat angin kencang:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ
Allahumma innii as'aluka khairahaa wa khaira maa fiiha wa khaira maa ursilat bihi wa a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiiha wa syarri maa ursilat bihi.

Artinya:
"Ya Allah, sungguh aku mohon kepadaMu kebaikan angin ini, kebaikan apa yang ada padanya, dan kebaikan pada tujuan angin ini dihembuskan. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan angin ini, keburukan apa yang ada padanya, dan keburukan tujuan angin ini dihembuskan."

Doa ini sesuai dengan hadis sahih yakni Hadis Riwayat Muslim nomor 899, at Tarmidzi nomor 3449 dari Aisyah.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/asr)