Manfaat Kunyit untuk Wajah: Basmi Keriput dan Putihkan Kulit

tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/12/2019 14:22 WIB
Manfaat Kunyit untuk Wajah: Basmi Keriput dan Putihkan Kulit Kunyit memiliki banyak manfaat untuk wajah dan kulit (Istockphoto/EdwardDerule)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sama seperti jahe, kunyit ternyata juga punya manfaat hebat untuk kesehatan. Selain kesehatan, rempah berwarna kuning dan sering disebut sebagai safron India ini juga punya manfaat untuk kecantikan.

Manfaat kunyit untuk wajah ini disebabkan oleh senyawa aktif curcumin di dalam umbi rimpang tersebut. Sudah ratusan tahun lalu, orang di seluruh dunia mengaitkan manfaat kunyit untuk bahan penyembuh dan kecantikan.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa manfaat kunyit untuk wajah yang murah dan mudah.


1. Wajah bercahaya
Kunyit mengandung senyawa antioksidan dan anti-pembengkakan. Senyawa ini akan membantu membuat wajah lebih cerah secara alami dan sehat.


2. Menyembuhkan luka
Luka di wajah pasti menyebalkan dan memalukan bagi perempuan. Namun dibanding pakai obat-obatan yang mahal, cobalah untuk memakai kunyit.

Senyawa aktif curcumin akan membantu mempercepat penyembuhan luka dengan mengurangi pembengkakan dan oksidasi. Selain itu penelitian juga menyebutkan bahwa kunyit bisa berdampak positif pada jaringan tisu dan kolagen.

Kolagen inilah yang menyebabkan kulit bisa beregenerasi dengan baik dan membuat kulit jadi terlihat lebih muda serta kenyal. 

3. Anti jerawat
Untuk wajah, kunyit juga bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat dan luka bekas jerawat. Bahan aktif curcumin ini akan membantu mengurangi jerawat, blackheads, whiteheads, pustules.

Dalam studi yang dilakukan pada 2013, kunyit yang dikombinasikan dengan asam lauric adalah cara terbaik untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.


4. Pencerah kulit
Dalam sebuah penelitian, minyak esensial berbahan kunyit ini terbukti bisa mencerahkan kulit dalam tiga minggu. Kunyit sebagai pencerah kulit ini juga diklaim alami dan tak berbahaya.

ilustrasi kunyitFoto: Istockphoto/ Mirzamlk
ilustrasi kunyit


5. Mencegah keriput dan penuaan dini
Sinar UV adalah musuh besar untuk kulit dan wajah. Sinar ini bisa menyebabkan kulit terbakar, kanker kulit, garis halus, keriput, dan hiperpigmentasi.

Dalam sebuah studi, kandungan antioksidan dalam kunyit akan membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan menurunkan risiko penuaan dini.

Kunyit akan menghalangi terbentuknya enzim elastase yang bisa mengurangi kemampuan kulit untuk memproduksi elastin yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit dan menjaga kekenyalannya. 


(chs)