Pin Emas Nancy Pelosi Curi Perhatian Saat Pemakzulan Trump

tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/12/2019 15:28 WIB
Pin Emas Nancy Pelosi Curi Perhatian Saat Pemakzulan Trump Nancy Pelosi (SAUL LOEB / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Donald Trump dimakzulkan oleh DPR Amerika Serikat. Dia resmi menjadi presiden AS ketiga yang menghadapi proses pemakzulan akibat dakwaan dalam dua pasal.

"Dengan sedih saya membuka debat tentang pemakzulan Presiden Amerika Serikat," kata Nancy Pelosi, juru bicara DPR AS pada Rabu (18/12).

Pelosi sendiri mencuri perhatian seluruh dunia ketika dia berdiri di podium dengan jas hitam tanpa kerah yang menyerupai desain militer berkerah tinggi. Warna busananya yang hitam bisa jadi mencerminkan kekelaman hari itu dan bisa jadi cara bicara tersendiri bagi perempuan yang sadar betul tentang kekuatan warna busana. Namun di tengah kontroversi pemakzulan Trump, pin atau bros Pelosi ternyata mencuri perhatian.


Dia menggunakan pin emas yang berbentuk seperti belati memanjang. Brosnya bersinar di depan warna blazer hitam yang dipakainya dan di antara kancing-kancing kecil dan pin bendera AS yang dipakai rekan-rekannya?

Mengutip New York Times, dalam politik, pin tak berarti hanya sekadar aksesori penghias busana. Ada maksud tertentu dan kekuatan di baliknya.

Secara harafiah, bros ini juga simbol kantor atau posisi yang dipegangnya. Apa sebenarnya bros yang dipakainya ini?

bros yang dipakai Nancy PelosiFoto: SAUL LOEB / AFP
bros yang dipakai Nancy Pelosi

Banyak orang berspekulasi tentang apa sebenarnya bros ini. Ada yang bilang bahwa ini adalah pin Caduceus, simbol medis atau bahkan membandingkannya dengan Hand of the King dari Game of Throne. Padahal sebenarnya pin ini mewakili gada DPR AS. Bentuk memanjangnya menggambarkan perwujudan wewenang cabang legislatif sejak 1789.

Mengutip In Style dari Office of the Historian, pin mace of the Republic ini terbuat dari tiga bagian yang berbeda: 13 batang yang terikat, bola dunia, dan seekor elang botak dengan sayap terbentang.

Bundelan batang ini dibentuk menyerupai fasces yang merupakan pegangan yang digunakan orang Romawi kuno untuk memegang kapak dan tombak. Ini menggambarkan fakta bahwa orang akan lebih kuat jika mereka bekerjasama.

13 batang ini menggambarkan 13 koloni asli AS. USA Today mencatat bahwa ini menjadi simbol dari lembaga tersebut pada 1789.

Awalnya bros tersebut dibuat oleh perajin perak New York William Adams pada 1841. Namun pin Pelosi ini dibuat lebih modern dengan warna emas.


Pin ini dibuat oleh desainer perhiasan patriotik Ann Hand. Hand juga bertanggung jawab pada pembuatan pin resmi yang dipakai DPR, bros untuk akademi bersenjata, akademi angkatan laut, dan lembaga pemerintah lainnya.

Pin ini dibuat dari kuningan dengan lapisan emas dan terdapat mutiara (palsu) untuk globe-nya. Pin ini dijual dengan harga US$125. (chs)