5 Tips Memancing Ikan Lebih Ramah Lingkungan

CNN Indonesia | Kamis, 19/12/2019 15:24 WIB
5 Tips Memancing Ikan Lebih Ramah Lingkungan Ilustrasi. (Istockphoto/ ClarkandCompany)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memancing bisa menjadi hobi baru untuk tahun depan. Selain melatih kesabaran, memancing juga bisa menghadirkan suasana seru saat dilakukan bersama keluarga atau teman.

Sayangnya kerusakan alam dalam beberapa tahun belakangan ini tak terhindarkan, sehingga kawanan makhluk mulai meninggalkan habitat aslinya.

Selain menyiapkan peralatan dan teknik, berikut sejumlah aturan memancing yang perlu diingat sehingga kegiatan seru ini tetap bisa dilakukan tanpa mengganggu keseimbangan alam:


1. Patuhi peraturan

Janganlah memancing di area pribadi, area konservasi, atau area yang sedang ramai oleh nelayan.

Mintalah izin terlebih dahulu kepada pemilik area sebelum memulai kegiatan memancing.

2. Jaga jarak

Jaga jarak antar pemancing, terutama saat memancing di area pancing nelayan.

Ikan tidak berkumpul di satu tempat, jadi berbagilah tempat memancing dengan yang lain.

Bagi yang memancing di area wisata bahari sebaiknya jaga jarak juga dengan para peselancar atau penyelam yang sedang beraktivitas.

3. Pancing ikan yang dikonsumsi

Ketahui jenis ikan yang ingin dipancing. Jangan menyimpan ikan yang sekiranya tidak akan dimakan, karena hanya akan merusak rantai kehidupan ikan tersebut, apalagi jika menangkap ikan yang masih kecil atau sedang mengandung telur.

Ingatkan diri untuk tidak tergoda memancing makhluk laut yang dilindungi atau memancing dalam jumlah terlalu banyak dari aturan yang diberlakukan di area pancing, karena bisa berurusan dengan hukum.

Laporkan jika ada pemancing yang melanggar aturan yang ditetapkan.

4. Perlakukan dengan baik

Meskipun banyak yang menganggap remeh, namun masih banyak pemancing yang merasa bangga untuk berfoto bersama hasil pancingannya.

Jika ingin berfoto dengan ikan tangkapan, jangan membuat ikan terlalu lama berada di luar air. Lepaskan ikan kembali ke laut jika tak ingin mengkonsumsinya.

Jangan meremas badan ikan terlalu keras dan peganglah bagian bawah mulut ikan secara lurus, sehingga ikan masih bisa menggunakan mulutnya saat kembali ke lautan.

5. Jangan tinggalkan sampah

Gunakan alat pancing yang ramah lingkungan, tidak membuat cacat, dan sampai mematikan makhluk laut. Penggunaan racun atau peledak sangat terlarang.

Setelah memancing, jangan buang tali atau jaring ke lautan, karena makhluk laut bisa saja menelan atau terjerat olehnya.

(ard/ard)