Toko di Inggris Jual Roti Berbahan Jangkrik

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 21/12/2019 12:36 WIB
Roti yang dibuat dari tepung jangkrik hadir dengan lapisan yang renyah. Roti diklaim kaya akan protein. Ilustrasi. Roti yang terbuat dari tepung jangkrik diklaim kaya akan protein. (Istockphoto/StockPhotosArt)
Jakarta, CNN Indonesia -- Roti biasanya terbuat dari tepung atau gandum. Namun, toko roti di Inggris mencoba bahan baru untuk membuat roti yakni dari jangkrik. Toko ini menjadi toko roti pertama di Inggris yang menjual roti dari jangkrik.

Toko roti Roberts Bakery di Norwich itu membuat roti Crunchy Cricket dari tepung jangkrik. Tepung jangkrik dipasok dari Eat Grub, merek makanan serangga terkemuka di Inggris.

Roberts Bakery menjelaskan, setiap roti mengandung sekitar 336 jangkrik yang dikeringkan, ditumbuk, dicampur dengan tepung gandum dan biji-bijian, kemudian dipanggang. Roti diklaim memiliki rasa lezat dengan lapisan yang renyah.


"Jangkrik adalah bahan makanan yang baru dan menarik. Ini sangat baik untuk Anda dan sebenarnya sangat lezat, terlepas dari apa yang orang pikirkan [tentang jangkrik]," kata pengelola Roberts Bakery, Stuart Spencel-Calnan, dikutip dari The Independent.

Roti jangkrik disebut memiliki nutrisi protein yang lebih banyak ketimbang roti biasa. Serangga dianggap sebagai sumber protein alternatif dan sumber lemak esensial yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Roti dari serangga ini juga dianggap memiliki keberlangsungan terhadap lingkungan karena lebih ramah lingkungan dibanding ternak hewan lain.

Makanan yang terbuat dari serangga diprediksi akan menjadi makanan utama di masa depan. Popularitas makanan dari serangga terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tahun lalu, PBB memperkirakan 2 miliar orang memakan serangga dari lebih 1.900 spesies yang tersebar di muka bumi.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)