FOTO: Oase Baru Warga Jakarta Bernama Utan Kemayoran

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Sabtu, 21/12/2019 18:34 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ruang Terbuka Hijau Utan Kemayoran diperkenalkan kepada warga Jakarta hari ini. Dengan luas 22,3 hektare, tempat ini menawarkan berbagai fasilitas wisata alam.

Warga mengunjungi area Ruang Terbuka Hijau (RTH) Utan Kemayoran di kawasan Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/12). RTH Utan Kemayoran seluas 22,3 hektare tersebut sebagai sarana rekreasi, edukasi, dan konservasi dengan mengusung konsep
Dalam RTH Utan Kemayoran terdapat beberapa jenis flora dan fauna serta fasilitas untuk menunjang wisata alam. Namun tak ada biaya yang dipungut kepada pengunjung yang mendatangi RTH Utan Kemayoran. 
Para pengunjung hanya diminta menjaga dan memelihara keragaman flora dan fauna di sana, serta tidak merusak sejumlah fasilitas wisata dan umum yang disediakan RTH Utan Kemayoran.
Dengan luas 22,3 hektare, RTH Utan Kemayoran memberikan keleluasan bagi pengunjung untuk beraktivitas. Mulai dari sekadar berjalan-jalan, berlari, hingga bermain.
Danau Kemayoran dalam RTH Utan Kemayoran terlihat bersih. BLU Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran merampungkan revitalisasi hutan kota Kemayoran tahap I dengan total investasi sebesar Rp4 miliar.
Utan Kemayoran selama ini sudah dihuni beberapa spesies burung, ikan, bahkan monyet. Nantinya di dalamnya juga akan ditambah spesies burung lagi serta taman kupu-kupu.
Utan Kemayoran ramah bagi semua golongan usia. Dari anak kecil hingga orang tua bisa menjadikan Utan Kemayoran sebagai tempat berekreasi, berolahraga, atau sekadar tempat bercengkrama.
Mengutip Antara, revitalisasi hutan kota Kemayoran meliputi pembangunan amphiteater (teater terbuka) dan panggung apung (floating stage) yang bisa dipakai pentas musik atau kegiatan lainnya.
Ada juga beberapa sudut menarik yang bisa dijadikan sebagai objek fotografi. Utan Kemayoran ini diharapkan menjadi solusi terkait kebutuhan warga Jakarta akan ruang publik yang hijau, ramah, dan gratis.