Tips Memasak Udang Agar Matang Sempurna dan Juicy

tim, CNN Indonesia | Senin, 23/12/2019 11:55 WIB
Tips Memasak Udang Agar Matang Sempurna dan Juicy ilustrasi udang (Istockphoto/Azurita)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah siap dengan berbagai hidangan untuk perayaan Natal bersama keluarga?

Daging sapi atau ayam? Mungkin Anda bosan dengan hidangan protein yang itu-itu saja. Kalau begitu coba saja untuk mengolah udang sebagai menu istimewa Anda di hari Natal.

Jangan keburu pusing dulu tentang bagaimana cara mengolah seafood ini. Faktanya, udang adalah salah satu jenis seafood yang mudah diolah dan tak butuh waktu lama untuk mengolahnya. Tentu saja, rasanya juga pasti enak.


Brian Landry, chef dan owner Jack Rose dan Marsh House Restaurant di Amerika memberikan tips tepat untuk memasak udang agar tak overcooked dan kering.

"Untuk memasak udang dengan tingkat kematangan yang tepat, kuncinya adalah selalu memantau perubahan warna udang," kata Landry dikutip dari The Daily Meal.

Berikut cara tepat memasak udang dengan tingkat kematangan yang sempurna alias tak overcooked.



1. Kupas kulit
Langkah awalnya adalah dengan mengupas kulit udang. Potong kulit dengan menggunakan gunting, sisakan bagian ekornya. Kemudian bersihkan kotoran udang dengan membelah bagian punggung dan ambil bagian hitam memanjangnya. Bersihkan.

2. Garam dan lada
Tata udang dalam wadah. Kemudian taburkan garam dan lada di atas udang. Ratakan. Balik udang, dan bumbui sisi lainnya.

ilustrasi udangFoto: Meditations/Pixabay
ilustrasi udang


3. Masak
Siapkan wajan antilengket. Beri minyak zaitun dan ratakan dalam wajan. Masukkan udang ke dalamnya. Diamkan selama 1-2 menit sampai berubah warna. Balik dan masak sisi sebelahnya.

4. Perhatikan warna
"Secara keseluruhan, udang hanya butuh waktu 3 menit untuk matang," kata Landry.

"Ciri paling mudah ketika udang matang adalah perubahan warna. Daging udang akan berubah menjadi putih dan tak lagi transparan. Jadi perhatikan baik-baik perubahan warnanya."


5. Air Jeruk
Untuk memberikan sensasi rasa yang menyegarkan, tambahkan perasan air jeruk ke dalam wajan. Hati-hati, proses ini mungkin bakal berbahaya karena letupan minyak.

Namun tambahan air jeruk ini bakal membantu mematangkan bagian dalam udang seperti yang terjadi ketika proses 'merebusnya.' Selain itu, daging udang akan terasa lebih juicy dan segar.

(chs)