Desainer Prancis Emanuel Ungaro Meninggal Dunia

tim, CNN Indonesia | Senin, 23/12/2019 10:47 WIB
Desainer Prancis Emanuel Ungaro Meninggal Dunia Desainer Emanuel Ungaro (AP Photo/Laurent Rebours)
Jakarta, CNN Indonesia -- Desainer asal Prancis Emanuel Ungaro meninggal dunia di Paris, Sabtu (21/12). Ungaro meninggal dunia di usia 86 tahun.


Sebelum meninggal, The Guardian melaporkan sejak dua tahun terakhir Ungaro memiliki kondisi kesehatan yang lemah. Ungaro meninggalkan seorang istri, Laura Bernabei dan seorang putri.

Semasa hidupnya, desainer Prancis yang pernah berlatih di Balenciaga ini mendirikan rumah mode eponymousnya sendiri pada 1965. Namun dia memutuskan untuk pensiun pada 2004 lalu.


Pria kelahiran 1933 ini lagir di Aix-en-Province. Dia adalah putra seorang imigran Italia yang melarikan diri ke Prancis untuk menghindari rezim fasis Mussolini. Di usia 22 tahun, dia menyadari bahwa minatnya ada di dunia fashion. Dia pun akhirnya pindah ke Paris untuk mengejar mimpinya dan berlatih dengan Cristobal Balenciaga.


Dia 'ikut' Balenciaga selama tiga tahun. Baginya, pelajaran yang didapat dari Balenciaga sangat bermakna dan membekas di hati. Ungaro menghargai kenangan dan waktunya selama bekerja di sana, sekalipun dia sudah tak lagi bergabung bersama rumah mode tersebut. Hal ini diwujudkan Ungaro di tahun 1986 dengan mendedikasikan koleksi couture musim gugur dan musim dinginnya untuk Monsieur Cristobal Balenciaga.

Selain Balenciaga dan labelnya sendiri yang dibukanya bersama dengan Sonja Knapp dan Elena Bruna Fassio, Ungaro juga bekerja sama dengan Courreges, Ferragamo, dan Bulgari.


Mengutip Vogue, Ungaro punya selera mode yang unik. Dia banyak memilih warna lembut tapi tak pernah menghindari warna cerah atau bold.

"Saya benci pada pakaian yang membosankan," kata Ungaro kepada Washington Post pada 1977.

"Saya benci melihat wanita berbusana dengan cara yang menyedihkan."

[Gambas:Instagram] (chs)