Libur Natal Saatnya Jajal Bus Listrik TransJakarta

CNN Indonesia | Selasa, 24/12/2019 15:20 WIB
Libur Natal Saatnya Jajal Bus Listrik TransJakarta Monumen Nasional. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- TransJakarta menyediakan layanan berupa bus listrik gratis yang dapat dicoba oleh masyarakat sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru di ikon Jakarta, yaitu Monumen Nasional alias Monas.

Bus listrik TransJakarta yang beroperasi di kawasan Monas ini bisa ditumpangi secara gratis.

"Jadi momentum Natal dan Tahun Baru kali ini bisa dijadikan kesempatan untuk memperkenalkan bus listrik secara lebih luas lagi," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Nadia Diposanjoyo, seperti yang dikutip dari Antara.


Bus listrik TransJakarta beroperasi selama satu minggu di Monas, mulai Selasa (24/12/2019) hingga Kamis (2/1/2020) pada pukul 10.00-18.00 WIB.

Selain keliling kawasan Monas yang indah dan bersejarah, masyarakat akan mendapat edukasi mengenai keunggulan bus listrik sebagai salah satu alat transportasi minim polusi,

Ini adalah kesempatan kedua bagi yang belum sempat mencicipi suasana senyap dalam berkendara di bus listrik TransJakarta di Kota Tua pada Juni 2019.

Ketika itu uji coba disambut masyarakat antusias dengan diikuti oleh sebanyak 13 ribu penumpang.

Libur Natal Saatnya Jajal Bus Listrik TransJakartaPenampakan bus listrik TransJakarta di Monas. (ANTARA/HO/Humas Transjakarta)

"Sebab itu, masyarakat yang belum berkesempatan atau yang ingin kembali menjajal layanan bus listrik bisa mencobanya," ujar Nadia.

Bus ini berkapasitas 324 KWh, difasilitasi dengan kemampuan "fast charging" kurang lebih selama 2-3 jam dan mampu melayani operasional dengan jarak tempuh 250 kilometer.

Rencananya penggunaan bus listrik akan diterapkan pada 2020 mendatang dan hingga kini masih dalam tahapan penelitian.

[Gambas:Video CNN] (ANTARA/ard)