8 Tips Agar Pesta Tahun Baru Semakin Seru

CNN Indonesia | Jumat, 27/12/2019 15:21 WIB
Bagi sebagian orang, tahun baru identik dengan pesta. Sebelum datang ke pesta, ada sejumlah hal yang patut diingat. Ilustrasi. (Kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Catatan redaksi: Tulisan ini ditujukan untuk pembaca yang telah berusia 21 tahun ke atas.

-

Bagi sebagian orang, tahun baru identik dengan pesta. Ada banyak pesta yang digelar, mulai dari yang formal seperti makan malam di ballroom hotel sampai yang kasual seperti acara musik elektronik di kelab malam.


Dalam rangka merayakan pergantian tahun, tak sedikit tempat kongko yang menawarkan promosi minuman alkohol. Jika sudah cukup umur, sah-sah saja untuk menikmatinya. Tapi jangan lupa untuk mengetahui batas konsumsi kita.

Bagi yang berniat datang ke pesta tahun baru, berikut sejumlah tips yang patut diingat:

1. Amankan tempat

Saat malam tahun baru, jarang ada tempat kongko yang menerima pemesanan tempat. Kalaupun ada, mereka memberlakukan pembayaran awal dengan minimum pemesanan. Jika datang bersama teman-teman dalam jumlah banyak, sistem ini bisa dipilih.

Jangan remehkan juga antrean di tempat kongko saat malam tahun baru, sebaiknya datang lebih awal untuk mengamankan tempat sekaligus terhindar dari kemacetan. Belilah tiket masuknya dari sekarang.

Jangan pula memaksa masuk ke tempat kongko yang sudah terlalu penuh plus minim jalur evakuasi jika ada keadaan darurat.

2. Isi perut

Jangan lupa makan malam sebelum datang ke pesta, terutama jika berniat menyesap minuman alkohol di sana. Setelah makan, beri jarak satu sampai dua jam agar perut mengolah makanan sebelum mengonsumsi minuman alkohol.

Perut yang kosong bisa mengakibatkan badan lemas dan menolak kehadiran alkohol, sehingga bisa membuat cepat muntah atau migren keesokan harinya.

3. Pilih satu jenis

Jika Anda berniat minum alkohol, minumlah hanya satu jenis minuman alkohol sepanjang malam, jangan nekat mencampurnya. Selain muntah dan migren, mencampur minuman alkohol juga bisa mengakibatkan keracunan.

4. Tiga gelas

Banyak mitos mengenai cara agar tidak hangover setelah minum minuman alkohol, tapi tidak sedikit juga mitos yang menyesatkan.

Salah satu cara terbaik untuk mengukur cukup atau tidaknya konsumsi minuman alkohol ialah dengan mencoba berjalan setelah minum tiga gelas.

Cobalah jalan ke kamar mandi setelah menyesap tiga gelas alkohol. Jika badan terasa ringan dan pandangan kabur, berarti tidak perlu sesegera mungkin menambah minuman lagi.

5. Bartender

Bartender bukan hanya orang yang meracik minuman. Jika datang sendirian, cobalah duduk di bar dan berbincanglah dengan bartender. Ia bakal dengan senang hati menjelaskan minuman yang cocok dengan kita sekaligus menjaga keselamatan kita dari "ancaman" orang usil selama di bar.

6. Awasi gelas

Selain barang berharga, jangan lupa juga untuk menjaga minuman yang sedang dikonsumsi dari orang yang mungkin berniat mencampur zat berbahaya ke dalamnya.

Jika sedang berada di tengah lantai dansa, tutupi mulut gelas dengan telapak tangan.

Kalau akan meninggalkan meja untuk ke kamar mandi misalnya, sebaiknya habiskan minuman atau tandai rupa minuman setelah terakhir dikonsumsi.

Duduk di bar bisa dibilang lebih aman, apalagi jika sudah "berkawan" dengan bartender yang bisa dititipi untuk menjaga minuman kita.

7. Awasi dompet

Di Indonesia atau di luar negeri, pasti ada saja petugas bar yang iseng menggandakan total harga pesanan saat hendak dibayar. Oknum seperti ini biasanya mengincar pengunjung yang terlihat mabuk.

Sangat dianjurkan untuk mengecek ulang tagihan sebelum dibayar, apalagi jika memesan dalam jumlah banyak. Kalau ada pesanan fiktif, segera bicarakan baik-baik dengan petugas.

Jika pembayaran menggunakan kartu debit atau kartu kredit, jangan malas menyelesaikan pembayaran dengan PIN dan segera cek saldo sesudahnya agar terhindar dari penipuan, pemalsuan data, atau kerugian lainnya.

8. Jangan nekat menyetir

Kalau berniat pesta hingga larut malam sembari minum alkohol, jangan pernah terpikir untuk menyetir kendaraan sendiri.

Sudah banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh pengendara sepulang pesta, sebagian besar merenggut nyawa orang yang tidak bersalah karena hanya kebetulan lewat di jalanan yang sama.

Jadi jangan gengsi ketika harus naik taksi atau kendaraan online sepulang dari pesta.


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)