Rekomendasi Kuliner

Rekomendasi Makan Enak di Thamrin 10

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 28/12/2019 17:09 WIB
Rekomendasi Makan Enak di Thamrin 10 Thamrin 10 (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Jakarta saat ini baru saja memiliki tempat nongkrong baru sejak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyulap park and ride Thamrin 10 menjadi kawasan kuliner dan kreatif pada Sabtu (20/12) lalu.

Sesuai dengan namanya, Thamrin 10 berlokasi di Jl. Thamrin 10, Jakarta Pusat tepatnya di antara gedung Wisma Mandiri dan Sari Pacific Hotel. Berada di tengah-tengah kota Jakarta yang sibuk membuat pengunjung ruang publik ini juga beragam. Di jam makan siang di hari kerja, Thamrin 10 dipenuhi oleh orang-orang pekerja kantoran yang sedang menghabiskan waktu istirahat.

Sedangkan ketika malam tiba, bekas lahan parkir ini diramaikan oleh keluarga hingga kelompok anak muda yang menikmati suasana malam Jakarta.
Makanan dan minuman yang tersedia di Thamrin 10 juga beragam.


Bagi Anda yang baru ingin mengunjungi Thamrin 10, berikut adalah 7 rekomendasi makanan yang wajib dicoba.


1. Minang Pride
Mengusung konsep sajian khas Minang yang modern, Minang Pride menawarkan menu dendeng yang dijikan dalam rice bowl. Ada tiga jenis sambal yang bisa Anda pilih untuk melengkapi rice bowl dendeng, yaitu sambal balado, sambal matah, dan lado ijo.
 
Tak hanya nasi, Minang Pride menyediakan noodle bowl dendeng yang juga bisa Anda kombinasikan dengan tiga jenis sambal yang sama. Makanan ini dibanderol dengan harga 45 ribu setiap porsinya.
 
2. Combrang
Dengan ciri khas nasi kecombrang yang harum, Combrang menawarkan berbagai pilihan topping seperti daging sapi, ayam, dori, iga, dan lidah sapi. Selain itu, Anda juga bisa memilih saus mulai dari sambal matah, sambal ijo, saus keju, hingga salted egg.

Untuk Anda yang sedang menjalankan diet, Combrang juga menyediakan pilihan nasi shirataki yang mengandung banyak serat namun rendah kalori.
 
Anda bisa menikmati nasi kecombrang dengan harga berkisar antara Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu. Harga ini belum termasuk jika Anda mengganti nasi dengan nasi shirataki, ekstra topping, ekstra saus, atau ekstra telur.

ilustrasi kuliner Thamrin 10Foto: CNN Indonesia/Aulia Akmal
ilustrasi kuliner Thamrin 10

 
3. Pisang Goreng Srikaya Ahou
Selain makanan berat di sini Anda juga bisa menikmati berbagai menu jajanan tradisional, salah satunya adalah Pisang Goreng Srikaya Ahou ala Pontianak. Dalam pembuatannya, pisang nipah khas Pontianak yang sudah digoreng kemudian dibelah dua dan ditambah dengan olesan selai srikaya.
 
Pisang goreng yang renyah sekaligus lembut sangat pas ketika dipadukan dengan selai srikaya yang kental. Untuk menikmati jajanan manis ini, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 20 ribu hingga Rp 60 ribu.
 
4. Burger Bener
Salah satu retail burger lokal yang populer, Burger Bener juga ikut hadir meramaikan festival makanan di Thamrin 10. Burger Bener menawarkan berbagai pilihan burger yang menggiurkan dengan harga yang murah, yaitu mulai dari Rp 13 ribu hingga Rp 33 ribu.
 
Anda bisa memilih burger single, double, bahkan hingga triple beef. Selain itu, ada juga pilihan menu cheese burger dan mozzarella cheese burger.
 
5. Dejamu
Jika Anda masih menganggap jamu sebagai minuman herbal khas Indonesia yang jadul dan kuno, mungkin Anda harus mencoba berbagai varian menu dari Dejamu. Di sini tersedia banyak pilihan jamu yang sudah dimodifikasi agar lebih modern, seperti beras kencur soya, temulawak matcha, ginger chocolate, atau kunyit asam yakult yang menjadi pilihan favorit pengunjung.
 
Anda bisa menikmati minuman jamu kekinian di Dejamu dengan harga berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 29 ribu.
 
6. Dawet Ireng Wong Ndeso
Segelas es dawet ireng khas Purworejo, Jawa Tengah bisa menjadi pilihan yang pas untuk menyegarkan tubuh saat menghadapi teriknya cuaca di Jakarta. Dawet Ireng Wong Ndeso menghadirkan dua varian menu dawet ireng, yaitu nangka dan durian.
 
Harga yang perlu Anda keluarkan untuk menikmati dawet ireng nangka adalah Rp 20 ribu, dan untuk dawet ireng duren adalah Rp 25 ribu.
 
7.  Comeagain
Selain es dawet ireng, menikmati gelato juga tak kalah menyegarkan. Varian gelato yang ditawarkan memberi sensasi yang berbeda, seperti Sunrise menyegarkan karena terbuat dari campuran mentimun, markisa, dan yoghurt, hingga Triple Trouble yang manis dengan perpaduan cokelat, brownis, dan kue. Untuk para vegetarian, Comeagain juga menawarkan menu Mango Coconut yang tidak menggunakan campuran susu.
 
Gelato yang ditawarkan oleh Comeagain dibanderol dengan harga Rp 25 ribu untuk single scoop dan Rp 40 ribu untuk double scoop.

Foto: CNN Indonesia/Aulia Akmal



(aul/chs)