9 Kegiatan Sambut Tahun Baru Selain Pesta Pora

CNN Indonesia | Jumat, 27/12/2019 16:37 WIB
9 Kegiatan Sambut Tahun Baru Selain Pesta Pora Ilustrasi. (Jens Mayer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesta semalam suntuk bukan satu-satunya cara untuk menikmati malam pergantian tahun.

Bagi yang tak berminat pesta di bar atau kelab malam, berikut rekomendasi kegiatan menghabiskan liburan tahun baru yang tidak kalah seru:

1. Ibadah


Datang ke tempat ibadah saat malam pergantian tahun menjadi salah satu kegiatan yang dianjurkan.

Bagi umat Islam di Jakarta, mungkin bisa datang ke sejumlah masjid besar untuk melakukan salat malam, seperti Masjid Istiqlal atau Masjid Pondok Indah.

Bagi umat Kristen, bisa datang ke Gereja Katedral Jakarta untuk menghadiri misa tutup tahun.

2. Ke taman

Ada banyak taman untuk lokasi piknik di Jakarta dan sekitarnya. Salah satu yang paling baru ialah Hutan Kota Plataran yang berada di kawasan Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Disebut bak Central Park di New York, taman ini bernuansa teduh sekaligus fotogenik, cocok bagi mereka yang hobi fotografi. Jangan takut kelaparan, karena ada banyak tempat makan di sekitarnya.

[Gambas:Instagram]

3. Bermalam di hotel

Menikmati malam pergantian tahun di hotel juga bisa menjadi pelipur lara, terutama bagi mereka yang tak ke luar kota atau ke luar negeri.

Bagi yang datang bersama anak kecil, bisa pilih hotel dengan fasilitas kolam renang yang mumpuni seperti Double Tree Hilton Jakarta, Swiss-belinn Pondok Indah, Sheraton Gandaria, atau Ayana Midplaza Jakarta.

[Gambas:Instagram]

Selain kolam renang, bisa juga pilih kamar dengan fasilitas balkon untuk menikmati pesta kembang api pada tengah malam.

Hotel Indonesia Kempinski, Pullman Jakarta, Grand Hyatt, Keraton, Artotel, Mandarin Oriental, Alila SCBD, Hotel Dharmawangsa, atau The Westin Jakarta pastinya menyuguhkan pemandangan langit malam yang terbaik.

Hotel-hotel juga banyak yang menggelar makan malam tahun baru dengan hiburan musisi dalam dan luar negeri. Kalau berencana mengajak pasangan, pesanlah meja dari sekarang.

[Gambas:Instagram]

4. Ke taman hiburan

Taman Impian Jaya Ancol atau Kebun Binatang Ragunan sudah pasti ramai setiap tanggal 31 Desember atau 1 Januari.

Bagi yang ingin mencoba nuansa baru, bisa datang ke taman hiburan persembahan CT Corps yang terbaru, yakni; Trans Studio Cibubur, Trans Snow World Bekasi, atau Trans Snow World Bintaro.

5. Olahraga

Jogging atau bersepeda bisa menjadi pilihan menyambut tahun baru. Kawasan Senayan atau Serpong memiliki banyak area hijau yang lengang dan teduh tentunya.

Beraktivitaslah di kawasan yang sudah ditentukan, sehingga bisa menjaga keselamatan diri dari ancaman kendaraan bermotor yang kebut-kebutan di jalanan.

6. Nonton atau baca

Liburan di rumah bukan berarti menghabiskan waktu dengan media sosial atau menonton acara televisi yang tidak mendidik. Ada banyak cara untuk menghibur diri di rumah, seperti menonton film melalui aplikasi penyedia tayangan berbayar seperti Netflix atau HBO GO, atau membaca buku.

"Tantang" diri untuk menonton satu film per satu hari atau lima lembar halaman buku per satu hari. Niscaya liburan bukan sekedar tidur atau makan.

7. Wisata kuliner di rumah

Kesibukan hari kerja membuat banyak orang tidak familiar dengan kawasan pemukimannya. Padahal di setiap kawasan pasti ada saja pusat kuliner yang populer.

Kelapa Gading, Bintaro, Menteng, sampai Bekasi dianugerahi banyak tempat makan kaki lima yang enak dan murah.

Layanan jasa antar makanan juga semakin beragam. Jadi tidak ada alasan harus ke mall untuk sekedar makan siang atau makan malam.

8. Bersih-bersih

Selain tempat tinggal, "bersih-bersih" diri dan dokumen digital juga perlu dilakukan.

Urusan bersih-bersih diri bisa dilakukan di salon kecantikan atau spa. Menggunting rambut atau menikmati pijat tubuh dengan aroma terapi bisa bakal memberi perubahan yang menyenangkan.

Sementara bersih-bersih dokumen digital bisa berupa menghapus ribuan email yang menumpuk atau ratusan foto dan video yang memenuhi memori penyimpanan telepon genggam.

Berlangganan akun penyimpanan awan bisa jadi solusi jika ada dokumen digital yang ingin disimpan.

9. Tidur

Banyak sepakat dengan anggapan bahwa tidur adalah jawaban dari semua masalah kehidupan. Daripada terjebak macet atau menghamburkan uang, tidur bisa menjadi kegiatan tutup tahun dan pembuka tahun yang menarik.

Tapi orang tua selalu berpesan: jangan terlalu banyak tidur. Jadi, tidurlah secukupnya sehingga tidak jet-lag saat harus kembali beraktifitas rutin usai libur akhir tahun.

(ard/ard)