Dampak Positif dan Negatif Membagikan Kenangan Last 10 Years

tim, CNN Indonesia | Selasa, 31/12/2019 09:20 WIB
Dampak Positif dan Negatif Membagikan Kenangan Last 10 Years ilustrasi sosial media (Dok. jisc.ac.uk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memasuki akhir tahun, media sosial sedang ramai dengan tren 'Last 10 Years'. Kilas balik ini dapat memiliki dapat positif dan negatif pada setiap orang.
Tren kilas balik ini mengharuskan seseorang membagikan momen penting yang terjadi tiap tahun dalam 10 tahun terakhir.

Berbagai kenangan yang menyenangkan seperti prestasi hingga duka seperti kegagalan dibagikan untuk mengingat kembali yang sudah dilewati selama 10 tahun terakhir.

Psikolog Personal Growth Veronica Adesla menjelaskan kilas balik last 10 years ini memiliki dampak yang berbeda pada setiap orang. Dampak tersebut dapat berupa efek positif maupun sebaliknya, efek negatif.


Momen positif dan momen negatif yang dibagikan ikut mempengaruhi efek yang dirasakan tersebut.

"Semakin banyak momen menyenangkan yang disebutkan maka semakin besar kemungkinan kilas balik yang dilakukan tersebut berdampak positif. Sebaliknya semakin banyak momen buruk tidak menyenangkan yang disebutkan semakin besar kemungkinan kilas balik yang dilakukan berdampak negatif," kata Veronica kepada CNNIndonesia.com, Jumat (27/12).


Selain itu, pemaknaan pribadi juga sangat berpengaruh terhadap dampak kilas balik tersebut. Pemaknaan diri yang baik dapat membuat momen buruk berpengaruh positif kepada kehidupan.

"Kuncinya adalah pada bagaimana cara memandang, memaknai, berdamai dan mengambil hikmah dari dan dengan pengalaman masa lalu," tutur Veronica.

Veronica menyarankan agar kilas balik itu dapat dijadikan ajang mengevaluasi diri dengan pemaknaan yang positif. Saat mengevaluasi diri bersikaplah adil dan objektif terhadap diri sendiri. Berikan penilaian dengan seimbang antara positif dan negatif, baik dan buruk, suka dan duka.

"Dari suatu kejadian dan terhadap diri sendiri selalu ada kedua sisinya. Jadi bila Anda hanya bisa menilai dari negatifnya berarti ini saatnya Anda membuka hati dan pikiran, mata dan telinga untuk mencari tahu positifnya," ucap Veronica.


Berikut dampak positif yang bisa timbul dengan melakukan kilas balik momen yang terjadi:
1. Perasaan syukur atas hikmah di balik semua peristiwa yang terjadi dan atas hal-hal baik yang terjadi
2. Lebih menghargai diri sendiri maupun orang lain
3. Munculnya perasaan bangga
4. Menumbuhkan semangat positif untuk terus melakukan hal yang baik dan bermanfaat untuk diri sendiri, orang-orang tercinta, keluarga, dan masyarakat
5. Berperilaku konstruktif dan produktif untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sebaliknya, berikut dampak negatif yang bisa timbul akibat pemaknaan diri yang negatif:
1. Perasaan rendah diri dan tidak percaya diri
2. Perasaan sedih, menyesal, gagal, dan putus asa
3. Perasaan marah terhadap diri sendiri, orang lain, maupun "dunia"
4. Kehilangan semangat untuk menjalani masa depan atau berpikiran negatif tentang masa depan
5. Berperilaku destruktif (merusak/merugikan) diri sendiri maupun orang lain.

Jadikan akhir tahun ini untuk mengevaluasi di dengan momen kilas balik atau Last 10 Years dengan pemaknaan diri yang positif.

(ptj/chs)