Tips Bakar Ayam di Malam Tahun Baru

tim, CNN Indonesia | Selasa, 31/12/2019 17:28 WIB
Tips Bakar Ayam di Malam Tahun Baru ilustrasi ayam bakar (Istockphoto/LauriPatterson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah bersiap merayakan malam tahun baru 2020? Jika belum, bersantap ayam bakar bersama keluarga atau sahabat bakal jadi hal seru. Mulai dari proses pembuatan hingga makan bersama, ayam bakar bisa jadi pelengkap kemeriahan malam tahun baru.

Meski merasa kurang berpengalaman dalam masak-memasak, bakar ayam di malam tahun baru tak akan jadi soal. Cek tips-tips berikut agar ayam bakar sedap yang praktis sebagai teman pergantian tahun.

1. Potongan ayam


Hal pertama yang jelas perlu dipikirkan adalah potongan ayam. Prinsipnya, makin besar potongan ayam semisal ayam utuh, dada ayam bertulang dan paha utuh, bakal memakan waktu lama untuk matang.

Sebaiknya, siapkan potongan ayam tanpa tulang atau jika memang ayam dengan tulang, pastikan potongannya tidak terlalu besar. Potongan ayam usahakan tidak berbeda jauh karena ini akan menyulitkan saat membakar.


2. Marinasi

Bakar ayam di malam tahun baru tak akan lezat jika tidak dibumbui. Ada sebagian orang yang memilih memberi bumbu saat proses pembakaran. Ini praktis tetapi ayam tak akan memiliki rasa yang sempurna.

Sebaiknya sisihkan waktu paling tidak 30 menit untuk merendam ayam dengan larutan bumbu. Bumbu marinasi paling mudah adalah dengan mencampur kecap manis, kecap asin, sedikit garam, yang dicampur dengan bawang putih cacah. Jika ingin lebih sedap tambahkan saus tiram dan madu ke dalamnya. 

3. Panas yang pas

Cara termudah dan termurah membakar ayam adalah dengan membakar langsung di atas bara api. Namun yang perlu diperhatikan, pastikan panas cukup stabil atau api paling tidak tidak mendadak besar sehingga ayam bisa gosong di bagian luar.

Lapisi tatakan panggangan atau penjepit dengan margarin atau minyak sayur. Kemudian panaskan terlebih dahulu sebelum ayam ditempatkan di atas bara api.


4. Oles dengan saus

Tak bisa dimungkiri, sesi paling menyenangkan dari bakar ayam di malam tahun baru adalah mengoles ayam dengan saus. Saus membuat ayam semakin lezat dan memiliki tampilan menggoda. Saus olesan bisa didapatkan dari saus rendaman ayam. Jika tak ada saus, Anda juga bisa mengolesnya dengan margarin dan saus sambal botolan. 

Akan tetapi, mengoles saus tak perlu dilakukan terus menerus. Oles ayam 15 menit sebelum matang, kemudian balik ayam dan oles lagi. Anda bakal memiliki waktu hingga saus menempel pada ayam. (els/chs)