Tamu Hotel Bawa Pulang Kasur sampai Grand Piano

CNN Indonesia | Jumat, 03/01/2020 11:33 WIB
Tamu Hotel Bawa Pulang Kasur sampai Grand Piano Ilustrasi. (Gabriel Gurrola/StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Membawa pulang sampo, sabun, atau sendal hotel mungkin hal biasa. Namun bagaimana dengan grand piano? Tak disangka, ternyata ada saja tamu hotel yang membawa pulang alat musik berukuran besar tersebut.

Dikutip dari Lonely Planet, Wellness Heaven - situs ulasan hotel dan spa, baru-baru ini mensurvei 1.157 pelaku bisnis perhotelan (terutama yang berlokasi di Eropa) untuk mendapatkan informasi tentang barang yang paling sering dibawa pulang tamu.

Dalam survei tersebut ditemukan fakta bahwa tamu di hotel bintang empat dan lima paling sering membawa pulang handuk dan jubah mandi, begitu juga dengan gantungan baju, pulpen, dan alat makan.


Namun ada banyak kisah kocak yang dirangkum selama proses survei tersebut.

Di salah satu hotel di Berlin, Jerman, pencuri menanggalkan perabot kamar mandi, mulai dari pancuran hingga wastafel, sampai toilet duduknya.

Di hotel Jerman lainnya, sistem stereo area spa menghilang. Dan di sebuah hotel di dekat Salzburg, seorang tamu membawa pulang bangku dari kayu pinus yang diletakkan di teras kamar.

"Begitu saya berjalan melewati lobi, saya perhatikan ada sesuatu yang hilang," kata seorang pengusaha perhotelan dari Italia.

"Lalu saya dikabari bahwa ada tiga pria tak dikenal telah mengambil grand piano dari lobi," lanjutnya.

Peristiwa aneh juga pernah terjadi di sebuah hotel di Inggris. Seorang tamu hotel mencopot seluruh nomor di pintu kamar, hingga tamu lain kesulitan masuk ke dalam kamar.

Merinci data lebih lanjut, pelaku bisnis perhotelan di properti bintang lima mengaku bahwa mereka sering kehilangan barang dibandingkan hotel bintang empat.

Perangkat TV mewah sembilan kali lebih mungkin menghilang di hotel-hotel bintang lima, begitu juga dengan tablet, karya seni, sampai kasur.

CEO Wellness Heaven, Tassilo Keilmann, mengatakan kepada CNN Travel bahwa 49 dari hotel yang disurvei mengatakan mereka kehilangan kasur sejak Januari 2018.

"Mereka mengatakan kepada saya bahwa peristiwa itu biasanya berlangsung pada malam hari," katanya.

"Tamu melakukannya saat malam hari saat lobi sepi. Namun kamera CCTV merekamnya," lanjutnya.

Di lain pihak, tamu berbintang empat membawa pulang barang-barang praktis, seperti handuk dan gantungan baju, baterai dan remote control, sampai kertas toilet.

Para tamu dari Belanda juga ada yang membawa pulang bola lampu dan kertas toilet, dan tamu dari Amerika membawa pulang bantal dan baterai, sementara tamu hotel dari Jerman dan Inggris fokus pada kosmetik dan peralatan mandi.

Tamu dari negara lain tampaknya tertarik pada makanan dan minuman: tamu dari Austria sering membawa pulang dengan hidangan dan mesin kopi, dan tamu dari Italia sering membawa pulang gelas anggur.

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)