Siaga Banjir, Penuhi Lemari dengan Stok Makanan Darurat

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 03/01/2020 10:09 WIB
Siaga Banjir, Penuhi Lemari dengan Stok Makanan Darurat Ilustrasi. Makanan yang praktis dan tahan lama dapat dikonsumsi dalam kondisi darurat seperti banjir. (iStock/salez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banjir menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat. Ketersediaan makanan menjadi salah satu hal yang patut menjadi perhatian untuk bertahan hidup di tengah banjir.

Meski sejumlah titik banjir di Jakarta dan sekitarnya dilaporkan mulai surut, Anda tetap harus waspada. Betapa tidak, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi hingga Maret mendatang.

Menyikapi hal tersebut, tak ada salahnya jika Anda menyiapkan sejumlah makanan yang tahan lama dan dapat dikonsumsi dalam kondisi darurat sekalipun seperti banjir. Berikut mengutip berbagai sumber.


1. Selai kacang
Selai kacang adalah sumber energi yang kaya akan lemak dan protein. Selai umumnya dikemas dalam botol plastik atau kaca, sehingga aman saat terjadi banjir atau kondisi darurat lain.

2. Biskuit dari gandum
Roti tawar gandum menjadi salah satu sumber karbohidrat yang tepat dan praktis untuk tubuh. Namun, roti bisa cepat rusak saat kondisi banjir.

Sebagai pengganti, Anda bisa menyediakan biskuit yang terbuat dari gandum. Bahan gandum memberikan asupan serat yang dibutuhkan tubuh dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mampu memberikan tubuh energi. Camilan satu ini bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Sediakan kacang-kacangan seperti kacang tanah, mete, almond, pistacio atau jenis kacang favorit Anda di kantong dan toples kedap udara.

4. Sereal
Sereal instan kini banyak tersedia di pasaran. Tak hanya sebagai menu sarapan, sereal juga bisa disantap dalam kondisi darurat. Pilih lah sereal yang berisi beragam jenis biji-bijian atau multigrain.

5. Susu bubuk
Produk susu biasanya kurang bisa diandalkan di saat darurat. Keju, susu cair atau yogurt memerlukan lemari pendingin untuk penyimpanan yang membuatnya kurang praktis.

Sebagai pengganti, gunakan susu bubuk sebagai sumber energi Anda. Simpan susu dalam wadah dan tutup rapat.

6. Makanan kaleng
Saat musim hujan, Anda disarankan juga untuk menyediakan makanan kalengan yang tahan lama. Anda dapat menemukannya dengan mudah di pasaran.

7. Air mineral
Tak hanya makanan, Anda juga membutuhkan asupan air agar tubuh tetap terhidrasi. Sediakan stok air dalam galon atau wadah penyimpanan lain untuk stok seluruh anggota keluarga.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)