4 Ramuan Alami untuk Atasi Kolesterol Tinggi

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 03/01/2020 16:21 WIB
4 Ramuan Alami untuk Atasi Kolesterol Tinggi Ilustrasi. Sejumlah ramuan alami mulai dari biji ketumbar hingga kunyit dipercaya dapat membantu mengatasi kolesterol tinggi. (Istockphoto/ Mirzamlk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kolesterol tinggi jadi salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Sejumlah ramuan alami dipercaya dapat membantu mengatasi kolesterol tinggi.

Kolesterol merupakan lemak dalam darah. Secara umum, ada dua jenis kolesterol di antaranya LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol jahat) dan HDL (high-density lipoprotein atau kolesterol baik).

Tubuh sendiri membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel baru. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan serius.


Kolesterol tinggi umumnya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat seperti tingginya asupan lemak jenuh dan kurangnya aktivitas fisik. Beberapa faktor lain seperti obesitas, merokok, mengonsumsi alkohol, dan genetik juga berkontribusi terhadap meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Kadar kolesterol dapat dikurangi dengan melakukan sejumlah perubahan pada pola diet dan rajin beraktivitas fisik atau berolahraga. Sebagai pendukung, racikan ramuan alami juga bisa menekan kadar kolesterol.

Mengutip berbagai sumber, berikut ramuan alami untuk mengatasi kolesterol tinggi.

1. Kunyit
Tak cuma sebagai bumbu masakan, kunyit juga dipercaya dapat membantu mengurangi endapan kolesterol di dinding arteri.

Mengutip Times of India, tambahkan kunyit ke dalam segelas susu hangat. Konsumsi susu kunyit sebelum tidur pada malah hari untuk mengurangi kolesterol jahat.

Cara lain, Anda juga bisa meminum campuran air kunyit di pagi hari. Campurkan setengah sendok teh kunyit bubuk ke dalam segelas air hangat.

Ilustrasi. Bawang putih dipercaya dapat menjadi salah satu ramuan alami untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi. (Pixabay/benscherjon)

2. Bawang putih
Sejumlah penelitian telah menemukan manfaat bawang putih untuk menurunkan kadar kolesterol. Senyawa alicin yang ada di dalamnya diketahui mengandung sulfur yang dikenal dapat mengurangi kolesterol jahat secara signifikan.

Mengutip Very Well Health, konsumsi 1-2 siung bawang putih mentah per hari atau sekitar 300 miligram bubuk bawang putih dalam bentuk tablet sebagai dosis umum yang direkomendasikan.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati, beberapa penelitian menunjukkan terlalu banyak bawang putih (di atas 0,25 gram dari berat badan) bisa membahayakan kondisi liver. Misal, seseorang dengan berat badan 68 kilogram yang mengonsumsi sekitar 70 gram bawang putih (setara dengan 18 siung) sehari berisiko mengalami masalah pada liver.

3. Biji rami
Biji rami mengandung asam alfa linolenat dan asam lemak omega-3 yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Tambahkan satu sendok makan biji rami bubuk ke dalam segelas air hangat atau susu, lalu aduk hingga merata dan minum.

4. Biji ketumbar
Ketumbar sarat dengan antioksidan tinggi yang dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ketumbar juga mengandung asam folat, vitamin C, A, dan beta-karoten yang dibutuhkan tubuh.

Ketumbar membantu menjaga jantung tetap sehat dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Rebus satu sendok teh ketumbar ke dalam air selama dua menit. Saring dan minum. Ramuan alami ini dapat membantu menekan kadar kolesterol tinggi.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)