5 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental di Tahun 2020

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 07/01/2020 09:13 WIB
5 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental di Tahun 2020 Ilustrasi. Meningkatkan kesehatan mental dapat dilakukan dengan mengubah pola pikir. (Istockphoto/Delmaine Donson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jangan jadikan masalah dan tekanan hidup mengganggu jalannya kehidupan di 2020. Anda dapat meningkatkan kesehatan mental dengan cara yang sederhana.

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik yang harus terus dijaga. Gangguan kesehatan mental dapat menyebabkan stres, kecemasan, depresi, hingga bunuh diri.

Studi menunjukkan, meningkatkan kesehatan mental dapat dilakukan dengan mengubah pola pikir. Pola pikir ini dapat berpengaruh pada makanan dan perilaku sehari-hari.


Berikut lima cara sederhana meningkatkan kesehatan mental secara menyeluruh.

1. Berpikir optimistis
Studi menunjukkan, orang yang optimistis memiliki risiko lebih sedikit untuk terkena jantung dan stroke. Orang yang optimistis cenderung makan makanan yang sehat, berolahraga teratur, memiliki kekebalan tubuh yang kuat, dan hidup yang lebih lama.

Studi pada 2019 juga menemukan orang yang memiliki pandangan positif juga memiliki peluang hidup hingga berusia 85 tahun atau lebih.

Menjadi optimis bukan berarti mengesampikan stres dalam kehidupan. Optimistis berarti melihat tantangan atau hambatan sebagai hal yang sementara dan dapat mengambil pelajaran dari hal tersebut.

2. Mengikuti kegiatan sukarelawan
Penelitian menunjukkan bahwa menjadi relawan tanpa mengharapkan imbalan dan merangsang otak memberikan penghargaan pada diri sendiri. Efeknya, otak menjadi lebih sehat dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Kegiatan sukarelawan juga dapat meminimalisasi stres dan memperbaiki depresi. Kegiatan sukarelawan itu dapat berupa membantu dengan tenaga maupun harta benda yang dimiliki.

3. Bersyukur
Bersyukur dapat meningkatkan optimisme serta mengurangi kecemasan dan depresi. Bersyukur dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan beribadah.

Dikutip dari CNN, bersyukur dapat pula dilakukan dengan mengingat kebaikan-kebaikan orang yang sudah membantu setiap harinya.

4. Memiliki hubungan sosial yang baik
Orang-orang yang memiliki koneksi sosial dengan keluarga dan teman terbukti lebih bahagia secara fisik dan mental daripada orang yang tidak memiliki hubungan baik.

Studi dari Harvard University selama 75 tahun terhadap 724 pria menunjukkan orang yang memiliki hubungan yang baik, lebih bahagia dan lebih sehat.

5. Menemukan tujuan kehidupan
Menemukan tujuan untuk hidup dapat meningkatkan kesehatan mental. Tujuan kehidupan itu dapat berupa agama, keluarga, sosial, dan makna kehidupan.

Dengan mengetahui tujuan kehidupan, Anda dapat memberikan yang terbaik untuk kehidupan sehingga memiliki kesehatan mental yang juga lebih baik.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)