5 Bukti Panorama Surgawi di Natuna

CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 16:02 WIB
5 Bukti Panorama Surgawi di Natuna Pemandangan salah satu pantai di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. (Dok. Kementerian Pariwisata)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Kabupaten Natuna di Provinsi Kepulauan Riau tengah menjadi perbincangan setelah kehadiran militer China di sana. Natuna memang merupakan salah satu pulau terdepan di Indonesia, tepatnya di utara Selat Karimata.

Klaim sepihak dari negara asing atas Natuna wajib menjadi kekhawatiran bagi Indonesia. Natuna tak hanya memiliki banyak potensi wisata, namun juga dengan sumber daya alamnya, mulai dari hasil laut sampai gas alam.

Bagi turis yang ingin berkunjung ke Natuna, ada beragam cara menuju Natuna, lewat udara atau laut.


Dari Jakarta atau kota-kota lain di Indonesia, turis bisa menumpang pesawat menuju Batam lalu menyambung penerbangan ke Ranai Natuna.

Masing-masing perjalanan berdurasi sekitar 90 menit.

Sedangkan jika lewat laut, turis bisa menumpang kapal Pelni dengan rute Tanjung Pinang dan Pontianak.

Perjalanan bakal memakan waktu sekitar dua hari.

Sesampainya di Natuna, turis bakal disambut pemandangan pantai yang amat cantik.

Tapi Natuna bukan sekedar destinasi wisata Bahari, karena ada banyak objek wisata lain yang tak kalah menarik di sini:

1. Alif Stone Park

Kawasan pesisir di Natuna dikelilingi oleh gugusan bebatuan granit. Alif Stone Park menjadi objek wisata yang pas untuk menikmati pemandangan tersebut sembari berfoto.

Selain Alif Stone Park, panorama bebatuan granit juga bisa dinikmati dari Batu Sindu.

[Gambas:Instagram]

2. Masjid Agung Natuna

Masjid megah bukan cuma dominasi kota besar. Di tengah kepulauan terdepan di Indonesia ini juga ada Masjid Agung Natuna yang kemegahannya mirip dengan Taj Mahal di India.

[Gambas:Instagram]

3. Air Terjun Gunung Ranai

Natuna juga memiliki kawasan perbukitan nan hijau. Di tengah perbukitan ada Air Terjun Gunung Ranai yang menghadirkan suasana sejuk dan teduh.

4. Desa Setengar

Ada banyak tempat penginapan di Natuna, mulai dari yang murah sampai yang mewah. Namun bagi yang ingin bermalam lebih dekat dengan alam, bisa datang ke desa ini.

Tebing dengan pepohonan nan rimbun dan perairan yang tenang bakal menjadi pemandangan utama selama berada di sini.

[Gambas:Instagram]

5. Ragam pantai dan pulau

Saat mencari objek wisata di Natuna, turis pasti langsung dihadirkan foto-foto pantai berpasir putih dan berair biru jernih mirip Maldives.

Natuna memang diberkahi banyak pantai yang indah dan sebagian besar bergelombang tenang, sehingga cocok untuk kegiatan menyelam.

Beberapa pantai yang populer di kalangan turis ialah Pantai Batu Kasah, Pantai Tanjung, Pantai Teluk Buton, Pantai Sahi, Pantai Sisi, Pulau Tiga, Pantai Cemaga, dan Pantai Pasir Marus.

Sementara untuk island hopping di Natuna, turis bisa menuju Pulau Senua, Pulau Serasan, atau Pulau Setai.

5 Bukti Ada Secuil Surga di NatunaWisatawan menggunakan perahu kolek di pesisir Pantai Pulau Senoa, Natuna, Kepulauan Riau. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)