Kenali Ciri-ciri Umum Predator Seksual

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 07/01/2020 20:52 WIB
Kenali Ciri-ciri Umum Predator Seksual Ilustrasi. Reynhard Sinaga disebut-sebut sebagai predator seks terbesar dalam sejarah Inggris. (Istockphoto/KatarzynaBialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Reynhard Sinaga, seorang WNI di Inggris, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh Pengadilan Manchester atas kasus perkosaan dan pelecehan seksual terhadap ratusan korban. Dia disebut-sebut sebagai predator seks terbesar dalam sejarah Inggris.

Reynhard dinyatakan bersalah atas kasus yang dilakukannya terhadap 48 korban sejak 1 Januari 2015 hingga 2 Juni 2017. Pihak kepolisian bahkan memprediksi ada lebih banyak lagi korban pria 36 tahun itu, mencapai lebih dari 195 pria dalam kurun 2,5 tahun.

Pengadilan menyatakan Reynhard terbukti melakukan pelecehan seksual sebanyak 159 kali, termasuk 136 di antaranya dilakukan di apartemen pribadinya di pusat Kota Manchester. Bukti pelecehan seksual ditemukan berupa rekaman video dalam ponsel.


Predator seks bisa ada di mana saja, sekalipun di sekitar Anda. Tak adanya ciri-ciri pasti membuat keberadaan predator seks agak sulit untuk terdeteksi. Kendati demikian, beberapa tindakan dan kebiasaan dapat menjadi 'warning sign' bagi Anda untuk lebih waspada.

Pada dasarnya, predator seks kerap menggunakan kontrol dan kekuatannya untuk mengendalikan si calon korban. "Dengan kata-kata dan tindakan, predator akan melemahkan setiap gerakan korban, mendikte setiap pikiran, dan memiliki kendali tinggi atas kehidupan Anda," ujar psikolog sekaligus terapis yang fokus pada korban pelecehan seksual, Leonie Adamson, mengutip Healthista.

Predator seks, kata Adamson, hidup dalam keheningan dengan tingkah polah yang terselubung. "Topeng [predator seks] harus dibuka untuk melindungi Anda dari penyerangan," kata dia.

Sebagai pengingat, predator seks akan memulai 'aksinya' dari melecehkan korban secara emosional dan psikologis untuk kemudian menuju tujuan utamanya: pelecehan seksual.

Untuk melindungi diri, ada baiknya jika Anda mengenal beberapa sikap dan kebiasaan yang dimiliki predator seks. Berikut mengutip berbagai sumber.

1. Sangat perhatian
Pada tahap pendekatan, pelaku akan memberikan perhatian penuh untuk si 'calon' korban. Berbagai kalimat manis dilontarkan, beragam hadiah diberikan. Korban akan diperlakukan begitu istimewa.

Perhatian sah-sah saja jika diberikan dalam skala wajar. Namun, jika seseorang mulai menyerbu Anda dengan berondongan pesan singkat penuh perhatian manis, maka Anda perlu khawatir. Hal ini menjadi cara pelaku untuk membuat korban merasa ketergantungan. Cara tersebut membuat pelaku terlihat bak ksatria yang menolong korban dalam kondisi lemah.

2. Manipulatif
Saat korban mulai merasa tak nyaman, predator umumnya bakal memutarbalikkan fakta. Predator paling senang mendramatisasi berbagai hal dan membuat korban justru merasa menjadi pihak yang bersalah.

Sebagai contoh, saat korban menolak, pelaku akan mengungkit berbagai hal yang telah diberikannya untuk korban. Pelaku akan memposisikan diri sebagai pihak yang teraniaya dan membuat korban merasa bersalah.

Pada satu titik, saat korban merasa lelah secara emosional, korban akan mengalah. Hal ini memperlihatkan bahwa pelaku dapat dengan mudah mengendalikan korban. Tak jarang pula predator seks membuat korban merasa bahwa apa yang diterimanya adalah sesuatu yang pantas didapatnya.

3. Protektif dan mengisolasi korban
Para predator seks umumnya bakal merusak kepercayaan diri korban. Caranya adalah dengan membuat korban begitu ketergantungan dan terisolasi dengan lingkungan sosialnya.

Hal itu membuat seolah-olah tak ada orang lain yang bisa memahami korban selain si pelaku itu sendiri.

4. Suka mengatur dan mau menang sendiri
Predator umumnya akan menetapkan standar ganda pada korban. Misalnya, Anda tak boleh datang terlambat, tapi Anda tak boleh protes jika mereka melakukan hal yang sama. Mereka juga bisa saja meminta Anda untuk bersikap ramah, tapi tak ada satupun yang boleh mengganggu kemurungan mereka.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)