FOTO : Antrean Pengobatan Ganja di Bangkok

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 08/01/2020 10:19 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah klinik medis di Bangkok menawarkan minyak ganja gratis kepada ratusan warga Thailand yang mencari bantuan untuk obat kanker, insomnia, dan nyeri otot.

Sebuah klinik medis di Bangkok  menawarkan minyak ganja gratis kepada ratusan warga Thailand yang mencari bantuan untuk obat kanker, insomnia, dan nyeri otot. (Mladen ANTONOV / AFP)
Pada 2018, Thailand menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang melegalkan ganja medis, meskipun banyak orang Thailand yang memakai ramuan itu dalam pengobatan tradisional. (Mladen ANTONOV / AFP)
“Hari ini menandai sebuah awal,” kata Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul kepada AFP. (Mladen ANTONOV / AFP)
Ratusan orang Thailand yang sebagian besar sudah tua menunggu untuk menerima botol 5-10 mg minyak untuk sakit otot. (Mladen ANTONOV / AFP)
Beberapa datang membawa penyakit yang lebih serius - seperti Natjuta, lahir dengan cerebral palsy dan terbatas pada kursi roda. Ibunya Supatra Ulapatorn mengatakan minyak ganja membantu putrinya untuk tidur lebih baik dan tetap lebih tenang. (Mladen ANTONOV / AFP)
Penelitian medis menunjukkan bahwa minyak ganja dapat membantu meringankan rasa sakit pasien multiple sclerosis dan epilepsi, tetapi ilmu pengetahuan tidak mengetahui dampaknya pada penyakit serius lainnya termasuk berbagai bentuk kanker. (Mladen ANTONOV / AFP)