FOTO: Warisan Sejarah Iran yang Tersudut Perang

AFP/AP, CNN Indonesia | Rabu, 08/01/2020 18:11 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ada sekitar 20 situs bersejarah UNESCO di Iran yang terancam musnah jika kontak bersenjata antara Iran dan Amerika Serikat terjadi.

Naqsh-e Jahan Square di Isfahan, Iran, yang dibangun abad ke-17. Ketegangan politik antara Iran dan Amerika Serikat melahirkan kekhawatirkan akan serangan bersenjata terhadap 20 situs sejarah di Iran yang masuk daftar warisan dunia UNESCO. (AFP PHOTO/Atta Kenare)
Istana Golestan adalah kompleks bangunan kerajaan di Tehran dengan interior yang artistik dan detail. Bangunan ini merupakan kediaman resmi dinasti Qajar di abad ke-19. (AFP PHOTO/Atta Kenare)
Reruntuhan Persepolis di Shiraz, Iran. Persepolis adalah salah satu komplek arsitektur terbesar yang dibangun dari batu kapur. Ini adalah kediaman kerajaan Achaemenid Persia pada 550-330 SM, namun kemudian dibakar dan dijarah oleh Alexander Agung pada 330 SM. (AFP PHOTO/Behrouz Mehri)
Makam Cyrus II Persia, yang dikenal sebagai Cyrus the Great, pendiri Kekaisaran Achaemenid Persia pada abad ke-6 SM di kota Pasargadae, 135 kilometer utara timur kota selatan Shiraz. Di bawah pemerintahannya, Kekaisaran Achaemenid sempat menciptakan kerajaan terbesar di dunia. (AFP PHOTO/Behrouz Mehri)
Menara Azadi (Kebebasan) yang saat ini sering menjadi lokasi aksi demonstrasi di Iran.  (AFP PHOTO/Atta Kenare)
Mausoleum Ruhollah Khomeini menjadi lokasi makam Ayatollah Ruhollah Khomeini - pendiri republik Islam - dan keluarganya, bersama dengan tokoh-tokoh politik lainnya. Ini adalah situs ziarah penting di Iran.  (AFP PHOTO/Atta Kenare)
Jembatan
Benteng Arg'e Bam, benteng gurun pra-Islam yang merupakan monumen tanah liat terbesar di dunia.  (AFP PHOTO/Atta Kenare)