Mengenal Sirtfood Diet, Diet yang Buat Adele Turun 22 Kg

tim, CNN Indonesia | Rabu, 08/01/2020 11:49 WIB
Mengenal Sirtfood Diet, Diet yang Buat Adele Turun 22 Kg Adele berhasil menurunkan berat badan sampai 22 kilogram dengan sirtfood diet. Apa sebenarnya sirtfood diet ini?(AFP PHOTO/ Valerie MACON)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada yang berbeda dari penampilan Adele. Perempuan yang punya suara memukau ini juga memukau orang dari penampilan barunya, tubuhnya terlihat langsing.

Tubuhnya terlihat lebih ramping dan kencang dibanding sebelumnya. Dia berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 22 kilo. Untuk menurunkan berat badannya, Adele menjalani sirtfood diet.

Apa sebenarnya sirtfood diet ini?


Jenis diet yang pernah dilakukan oleh adik Kate Middleton, Pippa Middleton ini diciptakan oleh ahli nutrisi Inggris Aidan Goggins dan Glen Matten. Diet ini juga masuk ke dalam tujuh diet paling dicari di Google selama 2019.

Sirtfood diet termasuk dalam jenis cleanse diet yang mengikuti pendekatan ilmiah untuk mengurangi kenaikan berat badan.



Diet ini mempopulerkan penggunaan sirdfood yang merupakan makanan khusus untuk bekerja dengan mengaktifkan rantai protein tertentu dalam tubuh yang dikenal sebagai sirtuins. Mengutip Times of India, menurut ilmu pengetahuan, agen antioksidan ini bertindak sebagai pelindung yang membantu memperlambat penuaan, meningkatkan metabolisme dan mengatur peradangan tubuh. Hal ini akan membantu memicu pengurangan lemak.

Studi juga menemukan bahwa diet sirtfood dapat membantu menurunkan brat badan hingga 3 kg dalam waktu kurang dari seminggu.

Diet ini memiliki aturan makanan pantangan dan makanan yang disarankan. Beberapa yang diperbolehkan dalam rencana diet ini adalah jeruk, cokelat hitam, peterseli, kunyit, kangkung, dan red wine.


Meskipun dianggap sebuah tren saat ini, namun dalam prosesnya diet ini memiliki fokus pada strategi penurunan berat badan ketat selama satu minggu.

Dalam tiga hari pertama Anda harus membatasi asupan kalori hingga 1000 kkal dengan mengonsumsi tiga sirt jus hijau dan makan berat. Setelahnya, Anda diizinkan untuk menambah asupan kalori hingga 1500 kkal dan makan dua kali sehari bersama dengan dua jus sirtfood.

[Gambas:Instagram]

Setelahnya, Anda akan memasuki fase pemeliharaan. Dalam fase ini Anda harus makan tiga makanan seimbang kaya sirtuin, ditambah dengan latihan efektif untuk menurunkan berat badan.

Hanya saja, diet ini hanya diperhitungkan sebagai diet jangka pendek. Artinya, hanya untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Diet ini membatasi asupan kalori. Sehingga Anda tak akan mendapat tambahan nutrisi lain yang dibutuhkan. Jadi sirtfood diet yang dilakukan Adele ini bukan diet jangka panjang yang disarankan untuk jangka panjang.

Ahli gizi bersertifikat yang berbasis di Manhattan, Martha McKittrick mengungkapkan bahwa diet ini termasuk 'tricky.'

"Tak semua orang akan dapat hasil seperti Adele," kata Grace Fjeldberg, ahli gizi dari Mayo Clinic, dikutip dari NYPost.

Adele mengombinasikan sirtfood diet dengan jenis pantangan lainnya. Dia mengurangi kebiasaan ngemil dan menjaga asupan karbohidratnya. Selain itu, dia juga memangkas konsumsi teh dan gula dalam makanan sehari-harinya. Padahal kedua hal tersebut adalah makanan yang dia sukai.

"Saya dulu sering menangis, tapi saya sekarang berkeringat,"candanya.

"Saya dulu minum 10 cangkir teh dengan dua blok gula setiap hari. Jadi sehari saya minum 20 blok gula sehari. Sekarang saya tidak minum teh lagi dan merasa lebih berenergi daripada sebelumnya."

Pelantun All I Ask ini juga mengungkapkan kalau dia juga berolahraga. Dia melakukan pilates dan angkat besi di tahun lalu. Tak dimungkiri kedua olahraga ini bisa membantu mengencangkan tubuh setelah penurunan berat badan. (chs)