Lyme Disease, Penyakit dari Kutu yang Diderita Justin Bieber

tim, CNN Indonesia | Kamis, 09/01/2020 13:33 WIB
Lyme Disease, Penyakit dari Kutu yang Diderita Justin Bieber Justin Bieber didiagnosis menderita Lyme disease atau penyakit Lyme. Penyakit Lyme merupakan penyakit yang ditularkan dari kutu.(Stuart Franklin/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Justin Bieber didiagnosis menderita Lyme disease atau penyakit Lyme. Penyakit Lyme merupakan penyakit yang ditularkan dari kutu.

Penyakit Lyme adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi yang ditularkan oleh gigitan kutu berkaki hitam yang sudah terinfeksi lebih dahulu. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan Lyme disease merupakan penyakit yang disebabkan oleh vektor paling umum di AS.

Umumnya, penyakit ini umumnya dialami orang yang sering berada di hutan setelah mereka makan rusa, burung, atau tikus yang terinfeksi. Orang dengan hewan peliharaan yang sering pergi ke hutan juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini.


Kutu penyebar Lyme berada di kulit selama 36 jam untuk dapat menularkan infeksi. Sering kali, penderita Lyme tidak ingat pernah digigit kutu berkaki hitam ini.


Nama Lyme berasal dari lokasi penyakit ini pertama kali ditemukan yakni di Old Lyme, Connecticut pada 1975. Kini, setiap tahunnya CDC mencatat terdapat lebih dari 300 ribu orang yang terserang penyakit Lyme.

Orang yang terinfeksi penyakit Lyme dapat menimbulkan gejala dan reaksi yang berbeda tergantung tingkat keparahannya. Terdapat tiga tahap penyakit Lyme yakni lokalisasi, diseminasi awal, dan diseminasi buatan. Gejala pada setiap tahap seringkali tumpang tindih.

Berikut beberapa gejala penyakit Lyme yang paling umum:
- ruam di tubuh
- kelelahan
- nyeri sendi dan pembengkakan
- nyeri otot
- sakit kepala
- demam
- pembengkakan kelenjar getah bening
- gangguan tidur
- sulit konsentrasi


Penyakit ini dapat diobati dengan menggunakan antibiotik 10-14 hari untuk menghilangkan infeksi. Justin Bieber juga sudah melakukan perawatan pada Lyme disease yang dimilikinya.

Sebelum Justin Bieber, penyanyi Avril Lavigne juga diketahui pernah menderita sakit yang sama.  (chs)