Berburu Kabut di Danau Tambing

CNN Indonesia | Jumat, 10/01/2020 16:08 WIB
Berburu Kabut di Danau Tambing Wisatawan di Danau Tambing, Sulawesi Tengah. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Danau Tambing, salah satu objek wisata di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, kini semakin diminati wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Danau Tambing adalah titik awal untuk dapat mendaki Gunung Rorekantimbu.

Kepala Balai besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Jusman, mengatakan Danau Tambing berada di dalam kawasan konservasi dan cagar biosfer.


Danau yang terletak pada ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut ini dapat dijangkau dengan sepeda motor atau mobil dalam waktu tiga jam dari Kota Palu.

Wisatawan yang datang, kata Jusman, senang menikmati udara sejuk di sini. Ditambah dengan merdunya cuitan burung yang berhabitat di sekitarnya.

Di kawasan wisata tersebut, para wisatawan dapat mengamati suara sekitar 200 jenis burung yang sekitar 30 persennya merupakan satwa endemik.

Tak sedikit wisatawan menjuluki objek wisata itu sebagai surga burung.

Danau Tambing yang berair jernih boleh dijadikan area memancing, namun terlarang untuk direnangi untuk menjaga kelestariannya.

Selain danau, wisatawan juga bisa mengunjungi juga ada taman anggrek serta lokasi pengamatan burung dan kupu-kupu di sini.

Wisatawan juga diperbolehkan berkemah di sekitarnya.

Jusman optimis kunjungan wisatawan tahun ini akan meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pemandangan teduh di Danau Tambing. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Saat musim libur atau libur pekan, biasanya pengunjung sampai 1.000 orang per harinya dan masih didominasi wisawatan domestik.

Sementara wisatawan mancanegara kebanyakan merupakan pengamat dan peneliti burung

Seperti yang dikutip dari Antara, kawasan TNLL yang seluas 2.180 km persegi terbagi dalam dua wilayah, sebagian masuk wilayah administrasi Pemerintah Kabupaten Poso dan sebagian lainnya masuk wilayah Kabupaten Sigi.

Danau Tambing, bersama dengan Taman Nasional Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Una-Una dan Kawasan Wisata Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, merupakan tiga objek wisata yang sangat vital di Sulawesi Tengah.

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)