Resep: 'Jamu' Anti Kolesterol

tim, CNN Indonesia | Jumat, 10/01/2020 10:30 WIB
Resep: 'Jamu' Anti Kolesterol Paduan daun jati Belanda dan temulawak bisa menyehatkan tubuh dengan menurunkan kadar kolesterol dan melindungi organ hati. Berikut resepnya. jamu (Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mendengar kata jamu, orang langsung bergidik membayangkan rasa aneh dan cenderung pahit. Heru Wardana, Head of Kampoeng Djamoe Organik (KaDO) Martha Tilaar sadar betul akan hal ini. Namun rempah tak melulu harus dibuat jamu.

"Rempah atau jamu bisa juga dicampur buah biar manis tapi tetap mendapat manfaat," kata Heru saat ditemui di KaDO, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (8/1).

Dia pun memberikan resep ramuan antikolesterol yang terbuat dari rempah dan buah. Paduan daun jati Belanda dan temulawak bisa menyehatkan tubuh dengan menurunkan kadar kolesterol dan melindungi organ hati. Keduanya pun dipadukan dengan buah semisal mangga, apel atau nanas (terutama bagian tengahnya untuk memperoleh khasiat penurunan kadar kolesterol).


Daun jati Belanda bisa Anda ganti dengan rempah lain semisal daun sambiloto untuk membantu mengatasi asam urat juga daun salam untuk hipertensi.


"Kalau untuk hipertensi, buahnya bisa nanas atau belimbing. Daun salam cukup lima lembar. Kalau kering ya cukup diseduh, kalau masih segar bisa direbus dulu," imbuhnya.

Bahan :

1-2 sendok makan daun jati Belanda kering
1 ruas ibu jari temulawak
1/4 bagian nanas
*buah bisa diganti dengan mangga atau apel
Air untuk merebus


Cara membuat :

1. Seduh daun jati Belanda kemudian sisihkan
2. Rebus temulawak bersama dua gelas air hingga menyisakan air setengah gelas. Sisihkan.
3. Siapkan blender, lalu campur nanas, seduhan daun jati Belanda dan air rebusan temulawak.
4. Minuman siap dinikmati selagi hangat. (els/chs)