China Yakin Pneumonia Misterius Disebabkan Virus Baru

tim, CNN Indonesia | Jumat, 10/01/2020 17:13 WIB
China Yakin Pneumonia Misterius Disebabkan Virus Baru ilustrasi kesehatan (Istockphoto/DragonImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wabah misterius menyerang China sejak beberapa waktu lalu. Awalnya diduga sebagai pneumonia atau SARS namun lebih diyakini sebagai pneumonia misterius.

Namun dalam perkembangannya, China percaya kalau wabah pneumonia misterius yang menyerang 59 orang ini disebabkan oleh jenis virus baru dari keluarga yang sama dengan SARS. Penyakit ini pernah menewaskan ratusan orang lebih dari satu dekade lalu.

Ilmuwan Xia Jianguo mengatakan kepada kantor berita resmi Xinhua bahwa para ahli sebelumnya sudah mengatakan kalau virus corona adalah biang kerok wabah tersebut. Penyakit misterius ini pertama kali dikonfirmasi pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China.


Ada kekhawatiran penyakit ini akan memicu kebangkitan penyakit SARS yang menular. Penyakit ini mendorong pihak berwenang di Hong Kong untuk mengambil tindakan pencegahan termasuk meningkatkan disinfeksi kereta dan pesawat terbang dan pemeriksaan penumpang.


"Sebanyak 15 hasil, sudah positif dari tipe baru corona virus sudah terdeteksi di laboratorium melalui tes pada sampel darah yang terinfeksi dan usap tenggorokan," kata Xu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi penemuan awal virus corona baru tersebut dalam sebuah pernyataan.


"Investigasi lebih lanjut juga diperlukan untuk menentukan sumber, cara penularan, tingkat infeksi dan penanggulangan yang diterapkan," kata Gauden Galea, perwakilan WHO untuk China.

Hong Kong pernah terkena dampak SARS pada 2002-2003. Wabah tersebut menewaskan 349 orang di China dan 299 lainnya di Hong Kong. (chs)