5 Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku

tim, CNN Indonesia | Minggu, 12/01/2020 09:54 WIB
5 Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku Salah satu kebiasaan buruk yang selalu dilakukan ketika sedang panik, cemas, bosan adalah menggigit kuku. Bagaimana cara menghentikannya?(iStock/precinbe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu kebiasaan buruk yang selalu dilakukan ketika sedang panik, cemas, bosan adalah menggigit kuku.

Hal ini dilakukan tanpa sadar karena sudah jadi kebiasaan. Jika ini terjadi pada anak kecil, kemungkinan anak sedang masa pertumbuhan gigi sehingga ada rasa tak nyaman pada gusi. Sedangkan pada orang dewasa, bisa saja aktivitas menggigit kuku adalah respons dari stres atau rasa cemas.

Apapun alasannya, kebiasaan ini bisa merugikan kesehatan. Kondisi jari tangan belum tentu bersih sehingga bisa menimbulkan dampak gangguan kesehatan. Di samping itu, kuku tak terlihat indah lagi dan tak jarang menimbulkan luka.


Berikut beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

1. Selalu pendek

Cara cukup ampuh adalah dengan rajin memotong kuku dan menjaganya tetap pendek. Kuku yang pendek memiliki kemungkinan kecil untuk digigit.

"Kalau kukunya pendek, tak akan ada rasa puas jika tetap menggigitinya," ujar Shelly Elson, pendiri Nail Studio mengutip dari Metro.

Dia pun menyarankan untuk mengunjungi tempat manicure yang baik. Di sana Anda bisa meminta staf untuk membuat kuku pendek dan rapi.

2. Ganti kebiasaan

Seperti mengalihkan kebiasaan, Anda bisa mencoba hal lain untuk dilakukan selain menggigiti kuku. Elson berkata Anda bisa mencoba mengunyah permen karet atau membuat teh. Tangan perlu dibuat sibuk sehingga 'lupa' akan kebiasaan menggigit kuku.

3. Manicure

Buat kaum hawa, tak ada salahnya mempercantik tampilan kuku. Menurut ahli kecantikan Leighton Denny, ini cara luar biasa mencegah kebiasaan menggigit kuku. Siapa yang ingin menghancurkan kreasi menarik yang sudah dibayar mahal?

"Anda tak hanya akan memiliki kuku menakjubkan tetapi juga tak akan menggigitinya dan membuatnya hancur," ujar Denny.


3. Telusuri alasan

Stres, grogi, bosan dan berbagai hal bisa melatarbelakangi kebiasaan menggigit kuku. Sebelum ambil tindak lanjut, sebaiknya Anda telusuri dulu mengapa kebiasaan ini muncul.

"Apakah Anda melakukannya saat grogi atau merasa tidak nyaman? Apakah Anda melakukannya saat bosan? Apakah Anda melakukannya saat stres dan marah, atau tanpa sadar saat menonton televisi?" kata Tom Jenane, ahli gizi dan fitness.

4. Buat jari-jari terasa tak enak

Penggunaan lotion atau pelembap tangan bisa menghindarkan kebiasaan menggigit kuku. Rata-rata produk ini memiliki rasa pahit. Anda tentu akan pikir panjang sebelum menggigit kuku.


5. Metode ikat rambut

"Salah satu trik luar biasa yang dilihat orang adalah menjaga ikatan rambut di pergelangan tangan mereka dan menjentikkannya setiap kali Anda menggigit kuku," jelas Jenane.

Kadang trik ini diterapkan saat pascaputus dengan kekasih. Ikat rambut dijentikkan saat teringat mantan. (els/chs)