Korea Selatan Lapor Dugaan Virus Pneumonia Misterius China

CNN Indonesia | Rabu, 15/01/2020 13:21 WIB
Korea Selatan Lapor Dugaan Virus Pneumonia Misterius China Sebelum diduga menyebar ke Thailand, wabah pneumonia misterius di China diduga diderita oleh seorang warga negara Korea Selatan.(Istockphoto/Thekopmylife)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebelum diduga menyebar ke Thailand, wabah pneumonia misterius di China diduga diderita oleh seorang yang tinggal di Korea Selatan.

Korea Selatan telah menempatkan seorang wanita China berusia 36 tahun dalam perawatan terisolasi karena dikhawatirkan membawa virus pneumonia misterius ke negara tersebut.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea mengatakan bahwa wanita tersebut didiagnosis menderita pneumonia setelah melakukan dua perjalanan bisnis ke China bulan lalu.


Mengutip AP, wanita yang tak dikenal itu bekerja untuk sebuah perusahaan Korea Selatan di dekat ibukota Seoul mengalami batuk dan demam setelah kembali dari perjalanan dinas lima hari ke Xiamen, China pada 30 Desember 2019 lalu.


Dia juga mengunjungi Wuhan, kota di China tempat menyebarnya wabah tersebut. Dia mengunjungi Wuhan lima hari pada pertengahan Desember lalu.

Korea Selatan Lapor Dugaan Virus Pneumonia Misterius ChinaFoto: Istockphoto/wildpixel
Korea Selatan Lapor Dugaan Virus Pneumonia Misterius China


Hanya saja dia mengaku kepada dokter di Korea Selatan bahwa dia tak melakukan kontak dengan binatang dan tidak mengunjungi pasar ikan di Wuhan yang dianggap menjadi tempat penyebaran virus korona jenis baru tersebut.

Perempuan tersebut berada dalam kondisi yang relatif baik dan menjalani tes di sebuah rumah sakit di selatan Seoul untuk pengujian lebih lanjut. Para pejabat Korea Selatan juga memperketat pengawasan orang-orang yang masuk dari China. (chs)