Thailand Temukan Kasus Kedua Pneumonia Misterius dari China

CNN Indonesia | Sabtu, 18/01/2020 02:03 WIB
Thailand Temukan Kasus Kedua Pneumonia Misterius dari China Ilustrasi. (Istockphoto/ utah778)
Jakarta, CNN Indonesia -- Thailand mendeteksi kasus kedua temuan virus pneumonia misterius pada seorang perempuan yang datang dari China.

Kementerian Kesehatan Thailand menyatakan bahwa perempuan berusia 74 tahun itu ditahan saat proses pemeriksaan usai mendarat di Bandara Suvarnabhumi pada 13 Januari lalu.

Perempuan itu langsung dilarikan ke rumah sakit. Setelah proses pemeriksaan, ia didiagnosis dengan pneumonia misterius akibat virus corona yang memicu kekhawatiran sejak menjangkiti puluhan orang di Wuhan, China.
Menurut keterangan Kemenkes Thailand, perempuan itu memang datang dari Wuhan. Di Wuhan sendiri penyakit tersebut sudah merenggut dua nyawa dan membuat puluhan orang lainnya dirawat.


Ini merupakan kasus kedua setelah pada 8 Januari lalu, dokter Thailand juga mendeteksi virus baru tersebut pada seorang turis dari China.

"Namun, masyarakat tidak harus panik karena tak ada penyebaran virus di Thailand," demikian pernyataan Kementerian Kesehatan Thailand yang dikutip AFP, Jumat (17/1).

[Gambas:Video CNN]

Wabah pneumonia berat ini pertama kali ditemukan di Wuhan pada Minggu (5/1), ketika 59 orang yang tinggal di dekat pasar ikan di kota itu mengalami gejala seperti pneumonia.

Dinas Kesehatan Kota Wuhan kemudian melaporkan bahwa satu warga meninggal akibat penyakit tersebut, sementara tujuh lainnya masih dalam kondisi kritis.

Sampai saat ini, belum diketahui pasti penyebab penyakit tersebut. Merujuk pada diagnosis sementara, 41 kasus pneumonia di Wuhan diduga disebabkan oleh virus corona tipe baru. (has/has)