6 Aktivitas Seru Rayakan Festival Sungai Hongbao Singapura

CNN Indonesia | Minggu, 19/01/2020 04:41 WIB
6 Aktivitas Seru Rayakan Festival Sungai Hongbao Singapura Ilustrasi Singapura. (CNN Indonesia/M. Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjelang perayaan tahun baru China (Imlek), banyak ditemui dekorasi warna-warni meriah di sudut-sudut Singapura. Jika sedang berkunjung ke Singapura, cobalah untuk datang ke Festival Sungai Hongbao yang kehadirannya dinantikan banyak orang.

Festival Sungai Hongbao dihelat di The Float, Marina Bay mulai tanggal 23 Januari hingga 1 Februari 2020. Tak pandang usia, kaum tua dan kaum muda dapat menikmati segala macam perayaan seperti pesta kembang api, karnaval, wahana, pameran benda langka, permainan yang seru serta kuliner jalanan yang lezat.

Berikut adalah 6 kegiatan di Festival Sungai Hongbao yang tak boleh dilewatkan:

1. Festival Kembang Api

Sesi nyala kembang api akan berlangsung setiap malam selama festival Sungai Hongbao berlangsung. Khususnya tepat malam tahun baru China, nyala kembang api akan berlangsung dalam durasi hingga enam menit. Pemandangan tersebut akan nampak indah, didukung dengan latar belakang Marina Bay yang menjadi ikon dari Singapura.

2. Lentera terang untuk berfoto

Salah satu yang keren dari Festival Sungai Hongbao adalah pameran lentera dengan lambang 12 zodiak serta Pohon Permintaan yang merepresentasikan Dewa kemakmuran dan panjang umur (Fu Lu Shou).

Ilustrasi perayaan Imlek.Ilustrasi perayaan Imlek. (AFP PHOTO / YE AUNG THU)
Lebih dari 20 lentera yang dipajang serta satu terbesar dengan diameter lebih dari 50 meter. Selain itu pengunjung dapat melihat patung rekaan dewa keberuntungan yang memiliki tinggi hingga 18 meter.

3. Artefak Kuno Hongbao

Pajangan berupa 400 artefak kuno yang cukup langka dengan desain yang menarik juga akan menyemarakkan festival ini. Tiap artefak itu memiliki kisah menarik. Pengunjung cilik pun dapat mempelajari asal-usul tradisi pemberian angpao merah. Akses masuk ke pameran artefak ini pun gratis.

4. Penampilan Lokal dan Internasional

Setiap malam sepanjang festivsl, penampilan artis lokal Singapura seperti Zoe Tay, Desmond Tan, Ya Hui, hingga penampilan artis internasional aka membuat suasana semakin ramai dan seru.

5. Festival Kuliner Jalanan

Setelah asyik menikmati segala aktivitas di Festival Sungai Hongbao, pengunjung perlu untuk mengisi perut beberapa stand penjual kuliner jalanan serta kuliner dengan rasa otentik. Misalnya, biji sempoa (Hakka) dan kue dumpling kristal (Teochew). Yang perlu dicatat, instalasi kuliner tradisional lokal hanya tersedia mulai tanggal 29 Januari hingga 30 Januari 2020.

[Gambas:Video CNN]
6. Wahana mendebarkan

Ada sekitar 20 wahana permainan yang dapat dimainkan pengunjung selama Festival Sungai Hongbao berlangsung. Salah satu yang ditunggu-tunggu tahun ini sebuah inovasi permainan virtual dengan model augmented reality (AR) dengan tajuk #HuntYourZodiac.

Mekanismenya, pengunjung harus memainkan game dari platform Facebook dan berburu hewan representasi 12 (dua belas) zodiak di area Marina Bay. Ini akan sangat seru karena akan ada hadiah bagi pengunjung yang berhasil menemukan 12 lambang hewan zodiak tersebut. Permainan ini hanya berlangsung dari tanggal 23 Januari hingga 27 Januari 2020.

Selain itu juga terdapat permainan menarik 'God of Fortune Huat Hour'. Pengunjung diimbau untuk bersiap-siap jika tiba-tiba muncul Dewa Keberuntungan dalam bentuk virtual augmented reality (AR) yang akan memberikan angpao yang dapat dicairkan langsung melalui aplikasi yang telah ditentukan lewat ponsel.




(khr/arh)