Jean Paul Gaultier Pensiun Setelah 50 Tahun Berkarya

CNN Indonesia | Minggu, 19/01/2020 11:33 WIB
Jean Paul Gaultier Pensiun Setelah 50 Tahun Berkarya Jean Paul Gaultier bakal pensiun setelah 50 tahun berkarya. (CNN Indonesia/Fandi Stuerz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jean Paul Gaultier, sang desainer mode yang legendaris, menyatakan bakal pensiun dari dunia fesyen setelah 50 tahun berkarya.

Perancang busana berusia 67 tahun itu mengumumkan kabar pensiunnya melalui video unik yang ia unggah di akun Twitter.

Dalam video itu, Gaultier mengundang orang-orang untuk datang ke acara pertunjukan mode peringatan 50 tahun karinya yang akan diselenggarakan di Théatre du Châtelet pada 22 Januari mendatang atau selama Paris Fashion Week.


Gaultier menuturkan gelaran fesyen itu akan menjadi yang terakhir kali ia buat sebelum pensiun.

"Hai, saya Jean Paul Gaultier. Saya undang kamu ke acara peringatan 50 tahun saya berkarir di dunia fashion di Théâtre du Châtelet pada 22 Januari. Datang? Itu akan menjadi pesta menyenangkan ... Ini akan menjadi pertunjukan Haute Couture saya di Paris. Ayo datang, jangan lewatkan!" ucap Gaultier dalam videonya menggunakan bahasa Prancis.



Meski begitu, Gaultier meminta para fan karyanya untuk tak kecewa dan bersedih.

Sebab, ia menuturkan keputusannya untuk pensiun bukan berarti akhir dari merk busananya, Gaultier Paris.

"Tetap di sini, Gaultier Paris akan berlanjut, haute couture akan berlanjut. Saya punya konsep baru, nanti akan saya ceritakan semuanya, semua rahasia kecil. Akan berlanjut," tutur Gaultier seperti dikutip CNN.

Karya Gaultier kerap dikenakan seleb-seleb papan atas dunia mulai dari Madonna, Rihanna, Nicole Kidman, hingga Lady Gaga. 

Gaultier juga sempat berkolaborasi dengan merk Supreme dengan merilis koleksi siap pakai pada 2019 lalu.

Dilansir AFP, Gaultier sebenarnya telah berhenti mendesain pakaian siap pakai pada 2015 lalu karena ingin berkonsentrasi pada pakaian haute couture atau buatan tangan.

Gaultier menuturkan ia telah tertarik dengan dunia fesyen sejak kecil, ketika membuat pakaian untuk boneka beruangnya.

Gaultier juga pernah menjadi asisten pribadi tokoh mode Prancis, Pierre Cardin, di usia 18 tahun.

Nama Gaultier mulai terdengar sekitar 1980-an ketika bekerja sama dengan Thierry Mugler mengerjakan proyek fashion show.

Gaultier terkenal sebagai sosok desainer yang kocak di tengah dunia fesyen yang kerap dipenuhi keangkuhan dan kepura-puraan.

Ia kerap mengolok-olok dirinya sendiri dan membuat proyek fesyen yang nyeleneh.

Pada 2018 lalu, Gaultier pernah menggelar pertunjukan kabaret di Paris yang menceritakan kehidupannya. Pertunjukan itu ia namai sebagai Fashin Freak Show.

[Gambas:Video CNN]

(AFP/ard)