Korea Selatan Konfirmasi Infeksi Coronavirus Misterius China

tim, CNN Indonesia | Senin, 20/01/2020 13:29 WIB
Korea Selatan Konfirmasi Infeksi Coronavirus Misterius China Senin (20/1), Korea Selatan mengonfirmasi adanya kasus pertama virus korona mirip SARS yang menyebar di China.(Istockphoto/ Dr_Microbe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Senin (20/1), Korea Selatan mengonfirmasi adanya kasus pertama virus korona mirip SARS yang menyebar di China.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) mengungkapkan seorang wanita China berusia 35 tahun yang terbang dari Wuhan dipastikan memiliki jenis coronavirus terbaru.

Dia pergi ke rumah sakit di Wuhan pada Sabtu lalu dengan gejala flu. Dia diberi resep obat sebelum terbang ke bandara Incheon pada Minggu (19/1). Sesampainya di sana dia pun langsung dikarantina.


Dia dirawat di unit isolasi di sebuah fasilitas medis. Pasien ini berada dalam kondisi stabil akibat serangan coronavirus.

"Dia mengunjungi Seoul dalam sebuah tur untuk liburan Imlek," kata Direktur KCDC Jung Eun-kyeong.



Mereka menambahkan bahwa otoritas Korea Selatan sedang menyelidiki pergerakannya di pesawat dan juga orang-orang yang mungkin sudah melakukan kontak dengannya termasuk pramugari.

"Ketika dia terdeteksi di karantina, tak ada eksposure pada penduduk lokal."

Korea Selatan merupakan negara ketiga tempat penyebaran virus korona pneumonia misterius tersebut, selain Jepang dan Thailand.

Thailand mendeteksi kasus kedua temuan coronavirus misterius pada seorang perempuan yang datang dari China. Sedangkan di Wuhan sendiri, virus korona ini sudah merenggut dua korban jiwa dan puuhan orang lainnya dirawat.


Wabah pneumonia berat ini pertama kali ditemukan di Wuhan pada Minggu (5/1), ketika 59 orang yang tinggal di dekat pasar ikan di kota itu mengalami gejala seperti pneumonia.

Sampai saat ini, belum diketahui pasti penyebab penyakit tersebut. Merujuk pada diagnosis sementara, 41 kasus pneumonia di Wuhan diduga disebabkan oleh virus corona atau coronavirus tipe baru. (chs)